Wabup Tekankan Seluruh OPD, Camat dan Kades Lakukan ‘Rencana Aksi’ Turunkan Angka Stunting

LULUS/BERITA SAMPIT- Wakil Bupati Mura Rejikinoor S,Sos memberikan sambutan pada acara Audit Kasus Stunting Semester I tingkat Kabupaten Murung Raya tahun 2023.

PURUK CAHU – Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor menekankan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Murung Raya, termasuk Camat dan Kepala Desa (Kades) untuk melakukan ‘Rencana Aksi’ dalam rangka menurunkan kasus Stunting di Murung Raya.

“Saya tekankan kepada seluruh Kepala OPD, Camat, Kepala Desa dan pihak-pihak yang tergabung dalam tim percepatan penurunan stunting untuk dapat melakukan rencana aksi yang telah ditetapkan sesuai peran tugas dan fungsi masing-masing dengan melakukan sinergitas dan kolaborasi, sehingga diharapkan terjadi penurunan angka stunting yang signifikan,” Kata Rejikinoor saat membuka kegiatan Audit Kasus Stunting Semester I tingkat Kabupaten Murung Raya tahun 2023, Kamis 15 Juni 2023.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Hal itu, Kata Rejikinoor, sesuai dengan sistem regulasi telah ditetapkan peraturan dan ditetapkan tim percepatan penurunan stunting tingkat Kabupaten, tingkat Kecamatan dan tingkat Desa.

Rejikinoor berharap, stunting menjadi permasalahan yang harus dihadapi dan ditanggulangi secara terpadu dan terintegrasi melalui kolaborasi semua pihak, Pemerintah, swasta, tokoh agama, tokoh masyarakat.

“Yang paling berperan adalah dimulai dari lingkungan keluarga dan masyarakat sebagai individu atau pribadi, dengan membangun ketahanan keluarga secara utuh di berbagai aspek, baik aspek kesehatan, aspek ekonomi, aspek pendidikan anak maupun kebahagiaan keluarga mulai dari penanganan gizi, kualitas sanitasi, kualitas lingkungan, akses pendidikan, kesehatan sampai juga terjaganya sumber-sumber pendapatan,” ungkap Rejikinoor.

Selain itu, lanjut dia, Sumber Daya Manusia (SDM) adalah elemen strategis negara, karena SDM adalah sasaran sekaligus pelaku pembangunan. Dengan kualitas SDM yang baik, maka dapat mewujudkan generasi yang baik pula untuk kedepannya melanjutkan pembangunan Bangsa seperti dalam visi dan misi Kabupaten Murung Raya untuk mencapai Mura Emas tahun 2030.

BACA JUGA:   Sekda Kalteng Sambangi Murung Raya, Pastikan Program Pasar Murah Kebijakan Gubernur Tepat Sasaran

“Saya berharap seluruh elemen yang bertanggung jawab dalam pembangunan keluarga kembali duduk bersama menyamakan persepsi, membangun komitmen kembali untuk mencari solusi dan melakukan yang terbaik bagi Kabupaten Murung Raya. Perhatian Pemerintah Kabupaten Murung Raya terhadap masalah percepatan penurunan stunting menjadi salah satu prioritas karena stunting merupakan ancaman terhadap kualitas sumber daya manusia,” pungkasnya.(Lulus)