Pekan Olahraga Tradisional dan Rekreasi Diharapkan Berdampak pada Perekonomian 

UMKM : ENN/BERITA SAMPIT - UMKM di Kabupaten Sukamara yang memanfaatkan setiap event yang digelar pemerintah daerah setempat.

SUKAMARA – Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sukamara, Mansur Adabi mengatakan bahwa digelarnya pekan olahraga tradisional dan rekreasi untuk memeriahkan peringatan Hari Jadi ke-21 Kabupaten Sukamara akan memberikan dampak pada perekonomian di Bumi Gawi Barinjam.

Menurut Mansur Adabi, selama kegiatan pekan olahraga tradisional dan rekreasi akan banyak UMKM yang mendapat kesempatan dan keuntungan dari kegiatan tersebut.

“Harapannya kami, kegiatan yang akan kami gelar nanti akan berdampak untuk UMKM kita, perputaran uang pada kegiatan tersebut cukup besar,” kata Mansur Adabi, Jumat 16 Juni 2023.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Sukamara Buka Musrenbang RKPD

Mansur Adabi juga mengungkapkan jika pihaknya selain ingin memberikan hiburan untuk masyarakat Sukamara dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-21 Kabupaten Sukamara juga ingin memberikan dampak ekonomi untuk masyarakat juga.

“Masyarakat dapat hiburan UMKM berjalan jadi itu harapan kami,” ucapnya.

Mansur Adabi mengungkapkan selain kegiatan olahraga tradisional dan rekreasi pihaknya juga bekerjasama dengan Panitia Hari Besar Islam atau PHBI Sukamara untuk melaksanakan kegiatan lomba betawakan atau perang air pada akhir bulan Juni ini.

“Lomba betawakan ini digelar selain dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sukamara juga untuk memeriahkan Hari Raya ldul Adha 1444 Hijriah, karena kegiatan betawakan sudah menjadi tradisi setiap lebaran, dan kami mendukung kegiatan itu,” kata Mansur Adabi.

BACA JUGA:   H Windu Subagio Tegaskan Tidak Akan Maju Pada Pilkada Sukamara 2024

Sementara itu, untuk kegiatan olahraga tradisional dan rekreasi pihak Disporapar Sukamara memasukkan agenda tersebut dalam pekan olahraga tradisional dan rekreasi yang akan dilaksanakan pada pekan kedua dan ketiga Bukan Juli 2023.

“Untuk olahraga rekreasi itu ada kasti, asinan hadang, perahu cepat, dan tarik tambang dan untuk olahraga tradisional akan digelar lomba menyumpit, enggran, dayung dan terompah,” tukas Mansur Adabi. (enn)