Tasik Payawan Rawan Karhutla, 157 Titik Hotspot Terpantau di Katingan

BITRO/BERITA SAMPIT - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan, Markus.

KASONGAN – Kecamatan Tasik Payawan, merupakan salah satu daerah di Kabupaten Katingan yang rawan terhadap Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan, Markus mengatakan terdapat 157 titik hospot yang terpantau di tiga kecamatan termasuk Tasik Payawan.

Di mana kata dia kebakaran telah menghabiskan ratusan hektar lahan, namun pihaknya beserta pihak-pihak terkait, terus bekerja keras melakukan upaya pemadaman.

BACA JUGA:   Polisi Amankan Gerakan Pangan Murah Bulog Kanwil Kalteng

“Untuk di Katingan, Tasik Payawan paling rawan, kemungkinan karena lahan gambutnya cukup luas dan dalam, namun dari sejumlah titik api, kami telah melakukan pemadaman,” Ungkap Kepala BPBD Kabupaten Katingan, Markus pada Senin 10 juni 2023.

Selain itu, Markus, mengakui  untuk mencegah terjadinya Karhutlah, pihaknya berharap adanya kerjasama dengan masyarakat, sehingga ketika terjadi kebakaran, secepatnya bisa diatasi.

BACA JUGA:   718 PPPK Dilantik dan Dikukuhkan, Bupati Katingan Berpesan Ciptakan Suasana Kerja yang Kondusif

“Harapan kami, masyarakat juga perlu bersama-sama untuk mencegah sedini mungkin potensi terjadinya kebakaran hutan maupun lahan, karena petugas Karhutlah tentu sangat terbatas,” pungkasnya.(Bitro)