Desa Pasir Panjang Berhasil Menyisihkan 4.575 Desa dan Masuk 75 Desa Terbaik di Indonesia, Ini Hadiahnya

MAN/BERITA SAMPIT - Penjabat Bupati Kobar H.Budi Santosa, saat menerima Piagam Penghargaan dari Indra Ni Tua didampingi Plh. Sekda Kobar Juni Gultom dan Kade Pasir Panjang Tamel Otol, serta yang lainnya.

PANGKALAN BUN – Seperti telah diberitakan beritasampit.com sebelumnya  Desa Pasir Panjang Kecamatan Arut Selatan ( Arsel ) masuk dalam tiga besar pada voting sementara Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) pada Juni 2022.

Menyusul setelah mendapat penilaian khusus, akhirnya Pemkab Kobar, berhasil meraih prestasi melalui Desa Pasir yang telah masuk dari 75 desa terbaik di Indonesia, dalam penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Atas tas prestasi tersebut, Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf  Indra Ni Tua, bersama rombongan langsung berkunjung  ke Desa Pasir Panjang, yang disambut Pj. Bupati Kobar H. Budi Santosa, didampingi Plh.Sekda Kobar Juni Gultom dan jajarannya di Rumah Betang  (Rumah adat Dayak) di Desa Pasir Panjang, yang menyajikan Tarian Adat Lawang Seket eng dan Tradisi Ikat Tongang, yang dipandu oleh Damang adat Pasir Panjang.

Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf Indra Ni Tua mengatakan, awalnya Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang akan hadir ke Desa Pasir Panjang ini, akan tetapi saat ini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tengah menjalani ibadah haji, sehingga dirinya diminta untuk mewakili berkunjung ke desa Pasir Panjang.

BACA JUGA:   Kasus Tindak Pidana Kejahatan Oknum Kades Runtu Paling Unik di Provinsi Kalteng

“Kabupaten Kotawaringin Barat ini sangat luar biasa, karena selama dua tahun ini berhasil mempertahankan sebagai Desa wisata dalam Anugerah Wisata Desa Indonesia, pada tahun sebelumnya yakni desa Sekonyer Kecamatan Kumai dan berhasil meraih juara ke dua dengan kategori Kunjungan wisata terbanyak, tahun ini desa Pasir Panjang masuk 75 Desa Terbaik ADWI, ini sangat luar biasa potensi wisata desa di Kabupaten Kobar,” kata Indra Ni Tua.

Indra menambahkan juga, tema ADWI tahun ini adalah” Desa Wisata Berkelas Dunia Untuk Indonesia Bangkit”, tentunya tema tersebut merujuk dengan bangkitnya perekonomian masyarakat melalui potensi wisata yang ada. Termasuk desa Pasir Panjang, yang merupakan desa unik yang mempertahankan tradisi budaya lokal. Sementara itu desa Pasir Panjang sendiri berada di dalam Kota Pangkalan Bun.

BACA JUGA:   TP PKK Kobar Bagikan Ratusan Bungkus Takjil  kepada Warga

Dalam penilaian ADWI lanjut Indra Ni Tua, tim penilai yang turun merupakan tim independen, sehingga peserta /desa yang masuk nominasi harus memenuhi 5 kategori yakni Daya Tarik Wisata, Home stay, digital dan kreasi, Souvenir serta kelembagaan desa wisata dan CHSE.

“Desa Pasir Panjang telah berhasil menyisihkan desa wisata di Indonesia sebanyak 4.575 desa, ada yang istimewa di desa Pasir Panjang ini adalah dengan adanya Klinik Orangutan, dan hutan lindungnya  serta wisata alam yang masih asri, begitu juga dengan berdirinya rumah betang ini merupakan ciri khas masyarakat Dayak yang menarik perhatian wisatawan,” pungkas Indra Ni Tua. (Man).