Dewan Kalteng Dorong Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

IST/BERITA SAMPIT - Ketua Komisi III DPRD Kalteng Siti Nafsiah.

PALANGKA RAYA – Ketua Komisi III DPRD Kalteng Siti Nafsiah mendorong upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dengan meningkatnya kesejahteraan sosial masyarakat, maka juga dapat menekan angka stunting, sebab salah satu penyebab stunting adalah faktor asupan gizi yang kurang berimbang.

“Kalau masyarakat sejahtera, maka kebutuhan empat sehat lima sempurna bisa terpenuhi dengan baik,” ucapnya Jumat 23 Juni 2023.

Kata Dia, bahwa penanganan stunting yang menjadi salah satu fokus pemerintah daerah dalam penyelesaian masalah kesehatan di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng), yakni salah satunya dengan meningkatkan faktor kesejahteraan masyarakat harus terus diupayakan setiap tahunnya.

BACA JUGA:   Apresiasi Penanganan Infrastruktur Jalan di Kalteng, Dewan Ingatkan Pemprov Titik Jalan Lainnya Juga Diperhatikan

“Kuncinya pemerintah setiap daerah kabupaten dan kota harus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya ibu dan anak, sebagai salah satu upaya pengentasan masalah kekurangan gizi kronis atau stunting di wilayah Kalteng,” jelasnya.

Ia menambahkan, ini salah satu penyebab kurang gizi adalah karena adanya faktor kemiskinan dalam keluarga. Dimana keluarga tidak mampu memenuhi kebutuhan pangan bergizi bagi anak yang sedang dalam masa emas pertumbuhan.

“Kami sangat berharap pemerintah bisa memberi perhatian atas hal itu,” lugasnya.

Dia mengharapkan, agar pemerintah provinsi, kabupaten dan kota dapat memaksimalkan tiap program yang sudah dicanangkan untuk mengatasi masalah kemiskinan dan juga stunting di Kalteng.

BACA JUGA:   Ketua DPRD Kalteng Hadiri Sidang Terbuka Senat UPR: Wisudawan Harus Mampu Berkontribusi di Tengah Masyarakat

Ditambah lagi, peran aktif dari setiap stakeholder, mulai dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Dinas Kesehatan, hingga Dinas Sosial juga diharapkan untuk membantu memaksimalkan penanganan stunting dan peningkatan kesejahteraan masyarakat sangat penting.

“Keluarga sejahtera, anak-anak sebagai generasi penerus harus di persiapkan dengan baik. Utamanya segi kesehatan, agar mereka bisa bertumbuh dengan ideal, tidak mengalami gizi buruk apalagi sampai stunting. Perkembangan kesehatan anak-anak di desa tentunya harus bisa mendapat perhatian dan pengawasan dari pemerintah daerah masing- masing,” tandasnya. (Hardi).