Apresiasi Penanganan Infrastruktur Jalan di Kalteng, Dewan Ingatkan Pemprov Titik Jalan Lainnya Juga Diperhatikan

IST/BERITASAMPIT - Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Tomy Irawan Diran.

PALANGKA RAYA – Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Tomy Irawan Diran mengapresiasi kinerja Pemerintah Provinsi  Kalteng  yang sudah melakukan penanganan di sektor infrastruktur jalan.

Meski demikian, Tomy menyebut ada beberapa titik jalan tertentu yang perlu menjadi perhatian pemerintah yakni infrastruktur jalan di Pulang Pisau dan Gunung Mas yang masih belum maksimal.

”Tapi secara keseluruhan, kinerja beliau (Gubernur dan Wakil Gubernur) ini sudah luar biasa dalam arti untuk Kalteng. Salah satunya juga untuk jalan di penghubung juga lumayan bagus,” ungkapnya, Senin 25 Maret 2034.

BACA JUGA:   Legislator Kalteng Dorong Perda Diimplementasikan Dengan Baik

Selain itu, jalan di Kabupaten Gunung Mas yang sempat menjadi viral sampai ada kemacetan panjang beberapa waktu lalu, hal tersebut terjadi akibat beberapa armada angkutan yang melebihi tonase yang seharusnya diawasi ketat agar jalan tetap awet.

“Apabila kendaraan overload terus melintas, jalan tersebut pasti akan rusak lagi, saat ini hanya Jalan Trans Kalimantan yang menghubungkan kabupaten Gunung Mas, agar kiranya pemerintah bisa memperhatikan armada yang melintas dengan muatan yang overload, jangan sampai permasalahan kemacetan terulang,” jelasnya.

BACA JUGA:   Pembangunan Dari Pemerintah Harus Bisa Lebih Menyentuh Wilayah Pelosok

Kondisi serupa juga terjadi di ruas Jalan Pulang Pisau tepatnya di Kecamatan Bahaur, intensitas kendaraan yang tinggi dengan pengangkut barang dari Pulau Jawa menyebabkan jalan menjadi cepat rusak.

“Pemangku kebijakan harus memperhatikan daerah tersebut dengan tetap perawatan, kalau bisa upgrade kekuatan jalan hingga mampu menahan beban tonase hingga 16 ton,” tandasnya.

(Syauqi)