Ini Pemberian Anggota DPR RI Drs. H. Mukhtarudin, yang Bermanfaat Bagi Kaum Milenial Hingga Ibu-Ibu Pelaku UMK/UMKM di Kalteng

Inilah sebagian kecil kegiatan Mukhtarudin, yang membidik kaum milenial dan Ibu-ibu pelaku UMK/UMKM di Kalteng.(Dok. Kawal Mukhtarudin – Ilustrasi : Kang Maman)

Kiprah, Drs. H. Mukhtarudin yang satu ini telah digelutinya sejak 4 tahun yang lalu, sampai sekarang duduk di Komisi VII DPR RI, masih terus berupaya untuk menumbuh kembangkan aspirasi dari kaum milenial, mulai dari tingkat Pelajar sampai Perguruan Tinggi, hingga ribuan Ibu-ibu pelaku UMK/UMKM di Kalteng.

Pengamatan penulis, untuk menumbuh kembangkan aspirasi kaum milenial dan Ibu-ibu pelaku UMK/UMKM, sejatinya yang dilakukan Mukhtarudin, mengemasnya cukup sederhana tapi meyakinkan dan penuh dengan kepastian, antara lain dengan menggelar programnya melalui kegiatan berbagai Diklat, Seminar, Bimbingan Teknis (Bimtek),   yang didalamnya tertuang tentang berbagai pembelajaran  tentang ilmu/pendidikan, khususnya tentang menejemen perusahaan, bidang sektor usaha  dan kewiras swastaan.

Mungkin saja ada kalangan tertentu yang bertanya, kenapa Mukhtarudin, memberi ‘berkah’ kepada kaum milenial dan kaum Ibu-ibu, membidik program diklat/bimbingan teknis khusus tentang menejemen perusahaan dan kewiraswastaan, Desain Grafis yang para pesertanya pemuda-pemudi milenial tingkat atas, yang sampai sekarang kalau tidak salah Diklat Desain Grafis sudah Anggkatan ke I5.

Pengamatan penulis karena program yang satu ini, jujur saja untuk bekal hidup dimasa yang akan datang (bagi milenial muda-mudi), dan bagi kaum Ibu-ibu pelaku UMK/UMKM tentunya untuk meningkatkan usahanya agar lebih bagus dan berkembang, yang bulan Juni 2023 ini dilaksanakan di Kabupaten Kapuas .

BACA JUGA:   Berdiri Tahun 1961 dengan Modal Dasar Rp10 Juta, Bank Kalteng Sekarang Berhasil Menumbuhkan Aset Sampai Rp15,19 Triliun (Bagian 02)

Dalam program tersebut, bukan sembarang program karena untuk memberi semangat kepada ribuan peserta diklat, dan agar mereka memiliki legalitas (semacam sertifikat hasil kompetensi). Mukhtarudin pun, dalam berbagai  kegiatan, seperti Seminar Kreatif, Diklat/Bimteknya selalu kerjasama dengan pihak Kementerian Perindustrian dan Bidang Diklat, serta dinas instansi terkait lainnya seperti Dinakertrans (Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi ).

Walhasil, setelah penulis, menelaah sejumlah kegiatan tersebut di atas yang dikemas dalam rekaman video ‘Mukhtarudin Center’ di Akun Facebook (f) Nama : “Kawal Mukhtarudin“. Ternyata, benar faktanya nyata,  dan Mukhtarudin pun yang pintar membagi waktu dengan kesibukannya di Senayan Jakarta atau keluar Jawa, masih bisa menyempatkan waktu hadir ‘ngariung mungpulung’,( Bahasa sunda ).( Berkumpul penuh keakraban ),’, baik dengan kaum milenial maupun kaum Ibu-ibu pelaku umk/UMKM di beberapa Kabupaten/Kota di Kalteng.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Salurkan Bantuan Beras kepada Warga Kobar

Seperti disalah satu tayangan rekaman video “Mukhtarudin Center“,  di Akun Facebook (f), nama ‘ “Kawal Mukhtarudin“. Nampak Mukhtarudin sedang memberikan arahan dalam kegiatan bimbingat teknis wira usaha kepada kaum Ibu-ibu pelaku UMKM.

“Misalnya, ada sebuah perusahaan perkebunan buka kantin kita melamar sebagai tenaga kerjanya. Sebagai bahan pertimbangan perusahaan yang punya kompetensi. Dan beda dengan yang tidak memiliki kompetensi “, kata Mukhtarudin kepada Ibu-ibu, pada acara Bimbingan teknis Wira Usaha.

Kemudian juga, dalam kegiatan lainnya seperti di acara Diklat, Seminar Kreatif, Bimtek, walaupun hanya beberapa jam Mukhtarduin, sempat hadir memberikan sambutan kepada para peserta.

Itulah, sekelumit tentang perjalanan Mukhtarudin yang selama di DPR RI, kalau turun kedaerah nampak sederhana, namun kreatif penuh inovatip yang kini telah menjadi motivasi khususnya bagi kaum milenial di Provinsi Kalteng.

Untuk melanjutkan perjuangan demi Provinsi Kalteng agar lebih maju dan lebih bermartabat. Penulis berhrap Mukhtarudin bisa kembali terpilih menjadi Anggota DPR RI. SEMOGA***