Pemuda Diharapkan Miliki Peran Nyata Membangun Desa

IBRAHIM/BERITA SAMPIT - Sosialisasi tentang pentingnya peran generasi muda desa dan hak politik dalam ketahanan masyarakat.

SAMPIT – Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Irawati harapkan adanya peran nyata generasi muda desa dalam pembangunan desanya, kelompok pemuda dinilai sebagai generasi yang memiliki semangat juang tinggi, pemikiran yang kritis dan berwawasan.

“Kelompok pemuda harus diberikan ruang agar dapat memberikan perubahan terhadap pembangunan desa. Untuk itu, peran pemuda dapat dilibatkan dalam proses penyusunan rencana pembangunan desa atau master plan desa,” ujar Irawati, Kamis 22 Juni 2023.

Hal ini disampaikan Irawati saat membuka sosialisasi tentang pentingnya peran generasi muda desa dan hak politik dalam ketahanan masyarakat yang dinarasumberi oleh perwakilan Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa (DPMD) Kalimantan Tengah, Ketua KPU dan Dinas DPMD Kotim dan lainya.

BACA JUGA:   WBP Beragama Kristen Rutin Ikuti Kegiatan Pembinaan Kerohanian

Selain pelibatan pemuda dalam penyusunan master plan desa, dapat membantu menganalisis kondisi, masalah, dan potensi yang ada di desa dan pemuda dapat aktif meyuarakan isu-isu publik di desa seperti pelayanan, akuntabilitas keuangan, transparansi, partisipasi, dan pembangunan yang inklusif.

“Proses pembangunan desa dalam praktiknya dibutuhkan orang-orang “penggerak” sebagai pemantik masyarakat desa untuk ikut bergerak dan bekerjasama membangun desa,” jelas Irawati.

Selain itu, diharapkan semua peserta yang hadir bisa mengambil sebanyak-banyaknya ilmu dari kegiatan ini, serta mengaplikasikannya untuk bisa memberikan dampak positif dalam pemenuhan serta pemahaman terkait hak politik di tengah masyarakat.

BACA JUGA:   Menanti Keberanian Ketua Partai Jadi Penantang Petahana di Pilkada Kotim

“Kegiatan ini diharapkan bisa memberikan acuan kepada para pemuda terkait bagaimana membentuk sikap, perilaku dan orientasi politik bagi generasi muda sebagai partisipasi politik yang bertanggung jawab dalam rangka menyongsong tahun politik yang tidak lama lagi akan segera tiba,”

“Selain itu, diharapkan melalui kegiatan kita hari ini, peserta yang hadir bisa lebih sadar akan perannya dalam membangun tatanan masyarakat yang mampu meningkatkan ketahanan masyarakat,” pungkas Irawati.

(Ibra)