DPRD Katingan Dorong Pemerintahan Pusat Bentuk PLTA di Riam Jerawi Katingan

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Katingan, Nanang Suriansyah.

KASONGAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan dorong Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Daerah dan Provinsi bentuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Riam Jerawi anak aliran Sungai Baraoi Kecamatan Petak Malai.

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Katingan, Nanang Suriansyah mengatakan, rencana pembangunan PLTA di Riam Jerawi, sudah ada sejak Bupati Katingan Duwel Rawing waktu itu, namun hingga kini, rencana tersebut tidak ada realisasi sehingga diharapkan pemerintah daerah dan pemerintah provinsi Kalimantan Tengah, bisa mendorong pemerintah pusat.

BACA JUGA:   Dewan Minta Dinas Terkait Perhatikan PJU di Jalan Tjilik Riwut dan Ahmad Yani Kasongan

“Rencana ini sudah lama, bahkan sejak pertama saya duduk sebagai anggota DPRD, wacana tersebut sudah ada, namun sampai saat ini, belum ada realisasi,” Ungkap Waket I, Nanang Suriansyah,Senin Juni 2023.

Bahkan dikatakan, Nanang, studi uji kelayakan sudah pernah dilakukan, tetapi, hasil dari studi tersebut, tidak pernah diketahui.

“Kalau studi kelayakan sudah, namun bagaimana hasilnya, kita tidak tahu,” ujarnya.

BACA JUGA:   Sekda Sampaikan Pidato Pengantar Bupati Katingan ke DPRD Terkait LKPI Tahun Anggaran 2023

Ia menyebutkan jika pembangunan PLTA bisa dibangun, persoalan listrik di Kabupaten Katingan, bisa teratasi, pasalnya hingga kini, masih terdapat beberapa kecamatan yang pasokan listrik masih terbatas.

Dikatakannya masih ada kampung yang pasokan listriknya belum 24 jam, makanya kalau PLTA bisa dibangun, mereka yakin, seluruh Katingan bisa mendapatkan sumber listrik secara penuh. (Bitro)