Ketua DPRD Mura Minta Dinkes Mitigasi Penyakit Rabies

LULUS/BERITA SAMPIT - Ketua DPRD Mura, Dr. Doni, SP.,M.Si

PURUK CAHU – Rabies menjadi salah satu penyakit yang berbahaya. Pasalnya, penyakit ini bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan baik atau mendapat perawatan cepat. Oleh karena itu, kewaspadaan dini menjadi langkah yang tepat dalam memitigasi penyakit rabies ini.

Ketua DPRD Murung Raya, Doni mengatakan Pemkab Murung Raya melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) diharapkan dapat memberikan fokus perhatiannya melalui program yang mampu meningkatkan upaya preventif atau pencegahan terhadap rabies.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

“Kami minta kepada pemerintah untuk bisa memberikan fokus perhatiannya terhadap masalah rabies ini. Hal ini tidak bisa dianggap sepele, harus ada sosialisasi dari dinas terkait terhadap pencegahan rabies terebut,” kata Doni saat dikonfirmasi melalui telepon, Selasa 27 Juni 2023.

Politisi PDI Perjuangan ini menilai sosialisasi akan bahaya rabies belum cukup masif. Padahal sosialisasi merupakan salah satu bentuk kewaspadaan dini yang sangat penting, dimana melalui hal tersebut akan semakin banyak masyarakat yang teredukasi mengenai pencegahan dan penanganan rabies.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

“Apalagi hewan penular rabies seperti anjing banyak berkeliaran di Murung Raya, utamanya di perkampungan yang memang jauh dari fasilitas layanan kesehatan,” jelasnya.

Tentunya, harap Doni, sosialisasi yang diberikan tidak hanya berfokus pada bagaimana perawatan dan pencegahan hewan peliharaan dari rabies. Tetapi juga bagaimana pertolongan pertama pasca digigit hewan rabies.(Lulus)