Dukung Bantuan Alsintan, Dewan: Harus Diimbangi Mudahnya Mencari BBM Subsidi bagi Petani

IST/BERITA SAMPIT - Alat mesin pertanian (alsintan) yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Kotim untuk para petani.

SAMPIT – Wakil Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Agus Seruyantara mengatakan sangat mendukung dengan adanya bantuan alat mesin pertanian (alsintan) bagi para petani di daerah ini.

“Karena memang saat ini para petani sangat membutuhkannya,” kata Seruyantara, Jumat 7 Juli 2023.

Selanjutnya, kata dia, juga tidak kalah penting menjadi perhatian pemerintah daerah yaitu terkait masalah BBM subsidi yang sulit didapatkan.

“Informasi dari dinas terkait bahwa para petani sangat kesulitan dalam mendapatkan BBM yang bersubsidi untuk bertani,” ujarnya.

BACA JUGA:   Galian C Beroperasi di Sekitar Perkebunan Kelapa Sawit, Warga Minta Pemerintah dan Penegak Hukum Turun Tangan

Jadi untuk memenuhi kebutuhan BBM mereka rela membeli dengan para pelansir dengan harga tinggi.

Para petani berharap bisa membeli ke SPBU namun selalu dibatasi, padahal keperluan mereka untuk bertani sebagai mata pencaharian.

“Untuk itu kami mengimbau agar pemberian alsintan ini bisa diimbangi dengan mudahnya BBM subsidi untuk para petani,” pungkasnya.

BACA JUGA:   ODOJ Kalteng Berbagi Kebahagiaan untuk 210 Guru Ngaji di Kotim

Diberitakan Bupati Kotim Halikinnor memberikan bantuan berupa Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Bantuan Alsintan jenis hand traktor berjumlah 31 unit dan cultuvator sebanyak 35 unit ini diserahkan di Dinas Pertanian Kotim, Kamis 06 Juli 2023.

“Bidang Pertanian Kotim sangat diperlukan transformasi teknologi agar lebih modern, efektif, dan ramah lingkungan sehingga dapat meningkatkan produksi sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani,” ujar Halikinnor. (Nardi)