Banjir Terjang Sejumlah Desa Kelurahan di Tiga Kecamatan di Kotim

IST/BERITA SAMPIT - Banjir yang menggenang jalan dan rumah warga pada salah satu Desa di Kecamatan Tualan Hulu, Senin 10 Juli 2023.

SAMPIT – Sejumlah Desa Kelurahan di tiga Kecamatan yakni Mentaya Hulu, Tualan Hulu dan Telaga Antang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, diterjang banjir kiriman pada Senin 10 Juli 2023.

Dari informasi yang dihimpun media ini, untuk Kecamatan Tualan Hulu ada dua wilayah yakni Desa Tumbang Mujam dan Desa Merah dengan ketinggian air dikisaran 10 sampai 20 centimeter.

Sementara itu pada Kecamatan Telaga Antang banjir melanda satu desa Yakni Desa Tumbang Sangai dengan ketinggian 30 sampai 40 cm.

BACA JUGA:   Warganet Dukung BBM Subsidi Dihapus

Kemudian pada Kecamatan Mentaya Hulu, banjir melanda pada Kelurahan Kuala Kuayan, Desa Tanjung Jariangau, Tangkarobah dan Desa Bawan.

“Baru Kelurahan Kuala Kuayan, Desa Tanjung Jariangau dan Tangkarobah laporannya yang masuk, Desa lain masih belum ada laporan,” kata Camat Mentaya Hulu Oktav Pahlevi, saat dikonfirmasi media ini, Senin 10 Juli 2023.

Untuk ketinggian air, Oktav memaparkan di Desa Tanjung Jariangau mencapai 75 cm, dan Desa Tangkarobah sudah masuk ke jalan sampai sekitar 15 cm.

BACA JUGA:   Ciri-ciri Korban Tenggelam di Desa Luwuk Bunter Diketahui Asal Daerah Timur

“Kami memberikan imbauan kepada warga untuk berhati-hati terutama jaringan arus listrik,” imbau Oktav.

Ditambahkan, upaya yang dilakukan oleh pihak Kecamatan, Kelurahan dan Desa akan mempersiapkan lokasi tempat penampungan warga, selain itu juga mempersiapkan rencana lokasi dapur umum.

“Kita telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten,” imbuhnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui berapa jumlah rumah dan kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir. Pihak kecamatan masih menunggu laporan dari pihak desa yang terdampak banjir tersebut. (ilm)