Sektor Pertanian Perlu Terus Dikembangkan

LULUS/BERITA SAMPIT- Anggota DPRD Mura, H. Fahriadi, SE.,MM.

PURUK CAHU- Sektor pertanian perlu terus dikembangkan karena masih bertumbuh positif di saat sektor lain justru mengalami kontraksi. Selain itu, sektor pertanian juga merupakan salah satu pendorong pemulihan perekonomian daerah yang mampu beradaptasi usai pandemi.

Anggota DPRD Murung Raya, Fahriadi menyebut pengembangan pertanian khususnya di Murung Raya masih perlu dioptimalisasi oleh pemerintah daerah (Pemda) setempat, meskipun saat ini ia menilai pengembangannya sudah berjalan cukup baik.

“Pengembangan sektor pertanian di Murung Raya akan berjalan lebih maksimal, jika mendapatkan dukungan dari Pemda setempat. Pasalnya, Murung Raya ini masih memiliki lahan yang luas yang dapat dikembangkan untuk sektor pertanian,” Kata Fahriadi, Senin 10 Juli 2023.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Oleh karenanya sambung Fahriadi, sektor pertanian khususnya pada komoditas tanaman pangan itu harus dioptimalisasi. Murung Raya punya geografis luas yang juga berpotensi untuk dikembangkan sebagai kawasan pertanian, tapi belum dilirik oleh Pemda.

“Optimalisasi pengembangan pertanian tentunya tidak hanya berdampak pada terwujudnya ketahanan pangan daerah. Tapi juga akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat petani,” tambahnya.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Disisi lain, ia mendorong, dukungan pemerintah terhadap masyarakat petani juga bisa berkesinambungan. Lantaran ia menilai masih banyak lahan masyarakat yang ditinggalkan karena kurangnya dukungan atau ada kendala tertentu, sehingga tidak lagi digarap dan tidak terawat oleh masyarakat.

“Oleh sebab itu dukungan harus berkesinambungan, mulai dari bibit, pupuk, maupun sarana dan prasarana pendukung lainnya. Selain itu, pelatihan dan bimbingan juga perlu diberikan, termasuk jaringan pemasaran hasil panen,”pungkasnya.(Lulus).