Hj. Nurhidayah Ruslan, AS Diprediksi Calon Terkuat Bupati Kobar di Pemilu 2024

Foto Ilustrasi  : Ibu Hj. Nurhidayah Ruslan,AS

Oleh: Maman Wiharja ( Wartawan-beritasampit.com ),-

Sumber dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) No.3 Tahun 2022, disebutkan 19 Oktober-25 November 2023) pendaftaran Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden dibuka di KPU, juga sama menyusul pendaftaran Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati. Kemudian 28  November 2023-10 Februari 2024 masa kampanye Pemilu.

1 Februari 2024-13 Februari 2024 Masa Tenang, dan 14 Februari 2024-15 Februari 2024  Pemungutan dan Penghitungan Suara. 15 Februari 2024-20 Maret 2024 Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara. 1 Oktober 2024 Pengucapan Sumpah/Janji DPR dan DPD. 20 Oktober 2024 Pengucapan Sumpah/Janji Presiden dan Wakil Presiden.

Berarti hanya 3 bulan lagi, nanti Kantor KPU Kabupaten Kobar bakal kembali ramai didatangi sejumlah kandidat  Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati yang  akan mendaftar ke KPU.

Waktu 3 bulan, yang kata sejumlah petani waktu semusim jagung, bukanlah waktu yang terbilang lama. Apalagi bagi para elit politik pengusung, dan pendukung Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupatinya, waktu 3 bulan itu diam-diam menjadi waktu yang penuh dengan berbagai intrik dan taktik politik yang diprogramkan, menjadi senjata untuk meraih kemenangan di Pemilu 2024.

BACA JUGA:   Antisipasi Praktik Curang, Satreskrim Polres Kobar Cek Tiga SPBU

Terkait dengan pencalonan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Kobar, pengamatan penulis setelah diam-diam memantau sejumlah markas Partai Politik (Parpol) di Kota Pangkalan Bun, bahkan mencari informasi di KPU .

Belum didengar informasi ada nama kandidat (baru), sebagai Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Kobar. Mereka, semua saat dikonfirmasi penulis pada umumnya masih ‘tutup mulut’, “Nanti sajalah Pak Maman ”.

Justru pengamatan penulis  saat ini banyak warga masyarakat yang sepertinya ‘kangen’ kepada Ibu Hj. Nurhidayah Ruslan, AS., SH., MH yang siap kembali mencalonkan Bupati Kobar Periode 2024-2029.

Kangennya warga masyarakat kepada Ibu Hj. Nurhidayah, mereka sering mengatakan, “ Iya Pak..kapan sih Pemilunya, tentu saya akan memilih kembali Ibu Nurhidayah,“ kata sejumlah pelaku UMKM yang sudah matuh di Lapangan Tugu Istana Kuning Pangkalan Bun kepada penulis.

Pengamatan penulis, diprediksi Ibu Hj. Nurhidayah salah satu calon terkuat Bupati Kobar nanti di Pemilu Serentak 2024. Karena beliau, sudah pengalaman mempimpin pemerintahan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang berjuluk “Marunting Batu Aji”, menuju ‘Kejayaan’.

Kemudian saat beliau jadi Bupati, pembangunan di Kabupaten Kobar semakin meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Alasan lainnya, penulis memprediksi Ibu Hj. Nurhidayang calon kuat Bupati Kobar Periode 2024-2029, juga sampai saat ini penulis belum mendengar nama kandidat Calon Bupati Kobar lainnya, selain nama Hj. Nurhidayah.

BACA JUGA:   Celoteh Pedagang Nasi dan Bubur Sum-Sum: Harga Beras Kalau Sudah Naik Tidak Bakalan Turun Lagi

Padahal dalam permainan politik, pengamatan penulis kalau ada seseorang kandidat, misal  untuk Calon Presiden, Gubernur, Walikoa atau Bupati. Biasanya jauh sebelumnya mereka sudah mengemuka mengenalkan diri  kepada publik .

Seperti, sejumlah Calon Presiden,  sudah muncul nama-nama Bcalonnya, termasuk nama . Dan juga di Provinsi lainnya, nama-nama Calon Gubernur, Walikota, Bupati, sama namanya sudah bermunculan. Termasuk di Kabupaten Kobar, baru nama Ibu Hj. Nurhidayah, yang jauh sebelumnya sudah siap mengikrarkan dirinya kembali mencalonkan Bupati Kobar dari Partai Golkar.

Ibu Hj. Nurhidayah, pengamatan penulis saat dulu menjadi Bupati merupakan sosok ‘Ibu ‘, yang kali pertama di Kalteng mnjadi Bupati. Dalam menjalankan kepemimpinannya menjadi Bupati, penuh mengayomi dan peka terhadap masyarakat akar rumput. Juga saat Ibu Hj. Nurhidayah menjadi Bupati Kobar, jujur saja para wartawan pun merasa terayomi.***