Wastra Telah Menjadi Identitas Budaya Bangsa Indonesia

IST/BERITA SAMPIT - Suasana pagelaran busana pesona wastra borneo

PALANGKA RAYA – Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia Yunita Resmi Sari menyampaikan, wastra telah menjadi identitas budaya bangsa Indonesia, yang memiliki potensi ekonomi dan dapat meningkatkan kesejahteraan UMKM. Hal ini disampaikannya saat menghadiri acara Pagelaran Busana Pesona Wastra Borneo, yang digelar di Indoor GPU Tambun Bungai Palangka Raya, Jumat 14 Juli 2023 kemaren.

“Bagaimana untuk meningkatkan nilai tambah wastra tersebut, Itu yang menjadi tantangan dan perlu menjadi pemikiran kita semua, sehingga UMKM dapat terus tumbuh dan memperluas pemasarannya. Untuk itu diperlukan berbagai ide, kreativitas, dan nilai tambah bagi wastra yang menjadi kebanggaan kita,” ucapnya Sabtu 15 Juli 2023.

Ia menambahkan, produk UMKM Kalteng memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi baru di Kalteng.

“Untuk itu kami sangat mendukung adanya pagelaran ini, sehingga diharapkan dapat terus memacu pergerakan pertumbuhan UMKM penghasil wastra, sekaligus pendorong timbulnya produk-produk turunan dari wastra, yang memberikan nilai tambah kepada perekonomian Kalimantan Tengah. Dengan semakin meningkatnya kualitas dan keragaman produk, diharapkan UMKM dapat memperluas pemasarannya ke berbagai daerah,” pungkasnya.

Diketahui, acara pagelaran busana pesona wastra borneo merupakan salah satu rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GERNAS BBI) dan Bangga Berwisata Indonesia (BBWI) Kalteng yang berlangsung sejak tanggal 13-16 Juli 2023. GERNAS BBI dan BBWI Kalteng tersebut mengusung tema “Hayu Maja Kan Kalteng”. (Hardi)