Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia 2023, Kalteng Peringkat Pertama Tema Kuliner

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat menerima penghargaan yang diserahkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga S. Uno di Balairung Soesilo Soedarman Gesung Sapta Pesona Jakarta.

JAKARTA – Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo mengatakan, bahwa penghargaan terkait Peringkat Pertama Tema Kuliner pada Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia 2023, bukan hanya bentuk apresiasi Pemerintah Pusat, tapi sebagai wujud komitmen Pemerintah Daerah dalam mendukung dan menggerakkan sektor wisata untuk pemulihan ekonomi secara umum.

“Sektor pariwisata kita di Kalteng sangat luar biasa, ini harus kita optimalkan agar berdampak kepada sektor perekonomian, salah satunya melalui Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia ini. Alhamdulilah kita meraih salah satu penghargaan untuk tema kuliner, ini menjadi pemantik semangat kita untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan potensi sektor wisata di Kalimantan Tengah,” ucapnya saat menerima penghargaan yang diserahkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga S. Uno di Balairung Soesilo Soedarman Gesung Sapta Pesona Jakarta, Senin 17 Juli 2023 malam.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng Adiah Chandra Sari menyampaikan, dalam lomba tersebut, pihaknya menampilkan ragam kuliner khas Kalimantan Tengah dengan menu-menu andalan yaitu, Lais Goreng, Patin Bakar, Ikan Wadi Patin, Sambal Batang Suli, Juhu Rotan Baung, Kandas Serai, Baung Bakar, Sop Ikan Jelawat, Oseng Kelakai, Ikan Saluang Goreng dan masih banyak lagi tentunya.

BACA JUGA:   Kepala Dinas Perkebunan Kalteng Dilantik, Sekda: Tunjukan Kemampuan

“Kompetisi Video Kreatif BBWI 2023 diselenggarakan untuk memeriahkan program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) dalam upaya mencapai target pergerakan wisatawan nusantara sebanyak 1,2-1,4 milyar pergerakan pada tahun 2023. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak seluruh Dinas Pariwisata di seluruh Indonesia untuk mempromosikan daerah masing-masing agar masyarakat berwisata di Indonesia,” jelasnya.

Ia menambahkan, salah satu strategi promosi ialah dengan berkolaborasi dan mendorong para stakeholder pariwisata seperti Pemerintah Daerah, Biro Perjalanan Wisata, dan Online Travel Agen agar lebih gencar dan kreatif dalam mempromosikan potensi-potensi wisata dan ekonomi kreatif yang dimiliki. Ajang ini juga sebagai wujud apresiasi bagi Pemerintah Daerah baik Provinsi, Kabupaten, dan Kota dalam memajukan destinasi di masing-masing daerah.

BACA JUGA:   Budpar Kalteng Gelar Sosialisasi Anugrah Kebudayaan Indonesia

“Untuk dapat berpartisipasi dalam kompetisi ini, peserta harus memenuhi persyaratan umum yaitu membuat satu video berdurasi satu menit yang mempromosikan Program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) dengan menampilkan destinasi wisata di masing-masing daerah dengan semenarik mungkin,” lugasnya.

Selain itu, peserta harus mewakili Dinas Pariwisata Provinsi/Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, wajib memiliki akun sosial media (youtube dan instagram) resmi, dan wajib mengikuti akun instagram dan youtube Wonderful Indonesia. Adapun Tema Lomba Video Kreatif BBWI APPI 2023 Kemenparekraf yaitu Destinasi Wisata pada bulan Maret, Calendar of Event/Event Daerah pada bulan April, Seni dan Budaya pada bulan Mei, dan Kuliner Khas Daerah pada bulan Juni. (Hardi)