Maksimalkan Pemanfaatan SDA di Murung Raya

LULUS/BERITA SAMPIT- Wakil Ketua II DPRD Mura, Rahmanto Muhidin.

PURUK CAHU- Sumber daya alam (SDA) merupakan sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia. Dengan adanya SDA masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Wakil Ketua II DPRD Murung Raya, Rahmanto Muhidin mengatakan pemanfaatan SDA di Murung Raya ini perlu dimaksimalkan agar dapat memberikan dampak positif bagi daerah dan masyarakat.

“Dalam rangka memaksimalkan pemanfaatan SDA itu, tentunya pembangunan industri bisa dijadikan sebagai solusi tepat yang dapat dilakukan oleh pemerintah, sehingga produk dari hasil SDA yang ada nilai jualnya pun bisa meningkat,” ungkapnya, Rabu 19 Juli 2023.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Ia menyebut, tanpa adanya industri khusus untuk mengolah hasil SDA maka masyarakat hanya bisa menjual bahan mentah saja. Sedangkan nilai jual bahan mentah itu sangat murah dibanding produk setengah jadi atau yang sudah jadi.

Diakui bahwa dalam pemanfaatan SDA tentunya sangat memerlukan dukungan industri. Tanpa adanya industri SDA tidak akan dapat dimanfaatkan secara optimal bagi daerah maupun masyarakat itu sendiri.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Ia menilai, Murung Raya memiliki potensi besar untuk membangun industri tersebut, mengingat daerah ini kaya akan SDA atau bahan mentah dan juga lahan yang masih luas untuk mendirikan sebuah industri pengolah SDA itu baik karet, rotan dan lain-lain.

“Jadi tinggal bagaimana Pemda memikirkan solusi untuk membangun industri tersebut. Karena memang dampaknya itu tidak hanya bagi daerah saja tapi juga kesejahteraan masyarakat. Harapan kita tentu pemda di Murung Raya bisa mewujudkannya,” pungkasnya.(Lulus).