Iswanti Pimpin Apel Gelar Personel dan Sarana Prasarana Penanganan Karhutla

IST/BERITASAMPIT - Wakil Bupati (Wabup) Seruyan Hj. Iswanti memimpin pelaksanaan Apel Gelar Personel dan Sarana Prasarana Penanganan Karhutla di wilayah setempat, Kamis 20 Juli 2023.

KUALA PEMBUANG – Wakil Bupati (Wabup) Seruyan Hj. Iswanti memimpin pelaksanaan Apel Gelar Personel dan Sarana Prasarana Penanganan Karhutla di wilayah setempat, Kamis 20 Juli 2023.

Apel tersebut digelar di halaman kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seruyan dan diikuti unsur TNI-Polri serta seluruh stakeholder terkait, termasuk Masyarakat Peduli Api (MPA).

Bupati Seruyan dalam sambutan yang dibacakan Wakil Bupati berharap seluruh tokoh masyarakat, pemerintah, swasta dan pemangku kepentingan, dapat mendorong setiap keluarga dan anggota masyarakat agar lebih peduli dan memiliki rencana atau aksi yang perlu dilakukan dalam menghadapi situasi darurat bencana.

BACA JUGA:   Pj Bupati Seruyan Launching Inovasi Pelayanan Publik Bidang Perizinan dan Non Perizinan

Untuk menghadapi potensi bencana yang mungkin terjadi, Wakil Bupati Seruyan mengajak seluruh masyarakat untuk mengambil langkah-langkah dengan berkomitmen bersama melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan sejak dini dengan target Suruyan bebas bencana asap.

“Mengantisipasi kejadian kebakaran hutan dan lahan sedini mungkin, dengan menggerakkan seluruh jajaran sampai tingkat desa, serta mengaktifkan pengawasan terhadap setiap indikasi kebakaran hutan dan lahan serta segera membentuk Satgas pencegahan kebakaran hutan dan lahan di berbagai tingkatan, saling mendukung bersinergi dalam penanganan kejadian kebakaran hutan dan lahan melalui keterlibatan semua pihak baik pemerintah masyarakat dan dunia usaha,” ujarnya.

BACA JUGA:   Optimalkan Pelayanan Hukum kepada Masyarakat, Pemkab Seruyan dan Pengadilan Negeri Sampit IB Tandatangani Kerja Sama

Kemudian, melakukan patroli intensif pada daerah rawan kebakaran hutan dan lahan serta segera memadamkan apabila terjadinya kebakaran, meningkatkan peran relawan organisasi dalam pemadaman dini di wilayahnya, penyebaran informasi tentang larangan membakar hutan dan lahan, dan emastikan semua sarana prasarana penanganan kebakaran hutan dan lahan untuk kebutuhan pemadaman dalam kondisi siap pakai.