Perluas Pelayanan KB, BKKBN Dua Provinsi Ini Laksanakan Kolaborasi

IST/BERITA SAMPIT - Suasana kegiatan pelayanan KB Perbatasan

BARITO KUALA – Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah bersama Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan Kolaborasi dalam menyelenggarakan kegiatan pelayanan KB Perbatasan.

Kegiatan tersebut dirangkai dengan lounching Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat), Borneo Mupen On The Road serta penyerahan bantuan sembako untuk Keluarga Risiko Stunting (KRS) di kecamatan Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu 26 Juli 2023.

Kepala Perwakilan BKKBN Kalteng Jeanny Yola Winokan mengatakan, BKKBN Kalteng memberikan dukungan penuh terhadap setiap kegiatan program bangga kencana dan percepatan penurunan stunting.

“Dalam kegiatan pelayanan KB perbatasan yang dirangkai dengan lounching DASHAT, Mupen On The Road ini merupakan bagian untuk mengedukasi, advokasi bahkan mendorong masyarakat dalam kesertaanya ber KB MKJP. Disamping itu juga memberikan edukasi kepada ibu hamil sebagai sasaran keluarga risiko stunting, bagaimana menjadi parenting untuk memenuhi gizi anak,” ucapnya.

BACA JUGA:   Upaya Penanggulangan Bencana BPBPK Ikuti Rapat BNPB

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Husnul Khotimah mengatakan selamat atas terlaksananya kegiatan ini yang melibatkan dua provinsi yaitu Perwakilan BKKBN Provinsi Kalteng dan Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel dalam rangka memperluas pelayanan KB hingga dapat meningkatkan efektifitas capaian program Keluarga Berencana dan sebagai rangkaian upaya penurunan angka stunting menuju keluarga yang sehat, sejahtera dan berkualitas.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Buka Pasar Ramadan di Mentaya Hulu

Dikrtahui target jumlah akseptor dalam kegiatan ini adalah 200 akseptor MKJP yang terbagi utk akseptor Kalimantan Selatan 100 akseptor MKJP dan 100 akseptor MKJP untuk Kalimantan Tengah, namun dalam pelaksanaan pelayanan Kalimantan Selatan berhasil melayani 57 akseptor MKJP terdiri dari Implan 54, IUD 1 dan MOP 2. Untuk Kalimantan tengah berhasil melayani KB MKJP sebanyak 45 akseptor, terdiri dari Implan 37, MOP 1 dan IUD 7. (Hardi)