Jadikan Pengawas Pemilu Profesional dan Akuntabel, Bawaslu Gunung Mas Lakukan Pembinaan Aparatur

IST/BERITA SAMPIT -  Para peserta kegiatan fasilitasi dan pembinaan aparatur dan pengawas pemilu saat foto bersama. 

KUALA KURUN – Guna mewujudkan pelaksanaan tugas, wewenang dan kewajiban anggota panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) kecamatan yang berkepastian hukum, profesional, akuntabel dan efisien pada pemilihan umum serentak 2024, maka Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gunung Mas menggelar kegiatan fasilitasi dan pembinaan aparatur dan pengawas pemilu.

“Tujuan dari kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan aparatur pengawas pemilu dalam melakukan pengawasan Pemilu tahun 2024,”ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Gunung Mas Walman Tristanto, Jumat 28 Juli 2023.

BACA JUGA:   Bawaslu Kalteng Lakukan Pendampingan Sidang Pemeriksaan Pelanggaran Administratif Pemilu di Kapuas 

Selain itu kata Walman, kegiatan ini juga  untuk menyamakan persepsi jajaran panwaslu kecamatan terkait tugas, wewenang dan kewajiban dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan demi suksesnya pemilu tahun 2024.

Lebih lanjut dikatakannya, menjadi pengawas pemilu harus memiliki soliditas agar mampu melaksanakan tugas dengan baik, sehingga dapat membangun pondasi yang kokoh untuk menjalankan dan menjaga kepentingan demi menegakkan demokrasi.

BACA JUGA:   Wakil Bupati Gunung Mas Harapkan Perangkat Daerah Tingkatkan Nilai Indeks Inovasi

“Selain itu, panwascam harus berintegritas. Artinya memiliki kesamaan antara perkataan dan perbuatannya agar dipercaya orang lain, bersikap obyektif dan menjunjung tinggi netralitas sesuai prinsip independen,” tuturnya.

“Saya kembali mengingatkan supaya jajaran panwaslu kecamatan melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku,” sambungnya. (Ale)