Mahasiswa KKN UPR Kenalkan Tanaman Hidroponik  ke Masyarakat Desa Napu Sahur

IST/BERITA SAMPIT -  Mahasiswa KKN kelompok 30 UPR saat melakukan  Sosialisasi pengenalan tanaman Hidroponik, kepada masyarakat Desa Napu Sahur.

KATINGAN – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 30 Universitas Palangka Raya (UPR)  melakukan  kegiatan Sosialisasi pengenalan tanaman Hidroponik, kepada masyarakat Desa Napu Sahur, Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah.

Hidroponik merupakan suatu teknik pertanian yang tidak menggunakan media tanah, melainkan menggunakan air dan larutan nutrisi yang dibutuhkan tanaman sebagai media tanam. Selain larutan air dan nutrisi, hidroponik menggunakan media tanam lain seperti rockwool, arang dan beberapa media steril ringan lainnya.

Hidroponik merupakan sistem bercocok tanam yang banyak digemari oleh masyarakat karena praktis bisa dilakukan dimana saja dan penempatannya pun bisa dimana saja. Kegiatan hidroponik ini tidak menggunakan tanah sebagai media tumbuhnya sehingga bisa di tanam di lahan yang sempit.

BACA JUGA:   Umat Kristiani Kasongan Ramai Ziarah Kubur pada Malam Paskah

Kepala Desa Napu Sahur Almansyah menyampaikan  semoga dengan ada kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh para mahasiswa KKN ini bisa  bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan bisa memberikan substansi ilmu yang bermanfaat untuk berkebun.

“Kegiatan yang diberikan oleh para mahasiswa ini semoga bermanfaat untuk masyarakat, karena dari materi hidroponik yang diberikan dapat ditanam di mana saja asal ada sinar dan air, cara berkebun yang sangat fleksibel menyesuaikan lahan yang ada, perawatan mudah, tidak perlu kotor-kotoran, bebas dari gulma, hasil panen berkualitas,” ungkap Almansyah.

Ketua kelompok  30 KKN UPR  Joy Setiawan mengatakan, kegiatan sosialisasi hidroponik  ini adalah salah satu program kerja KKN kelompok 30  di mana program kerja tersebut adalah suatu bentuk  dalam mengembangkan sumber daya alam  dan menjadi salah satu  terobosan dalam pembukaan lowongan pekerjaan  di Desa Napu Sahur.

BACA JUGA:   Dandim Sampaikan Ucapan Terima Kasih Atas Dukungan Masyarakat dalam Kegiatan TMMD

“Semoga dengan adanya kegiatan sosialisasi memberikan sumbangsih  ilmu yang bermanfaat dalam bidang  pertanian  dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dimana kegiatan ini yang menjadi pemateri  salah satu anggota kelompok 30 KKN UPR yaitu Iga Angrain  yang merupakan mahasiswa dari Fakultas Pertanian,” sebut Joy Setiawan, Sabtu 5 Agustus 2023.

“Saya berterima kasih kepada kepala Desa Napu Sahur yang telah mendukung penuh kegiatan sosialisasi kami sehingga bisa berjalan dengan lancar dan kepada masyarakat yang telah partisipasi dalam kegiatan sosialisasi ini,” tutupnya. (Ale)