DAD Berikan Penghormatan Gelar Adat Omas Pena Setia Jaya untuk Ketum PWI Pusat

Ketua DAD Lamandau memberikan penghargaan kepada ketua umum PWI pusat (Ist)

NANGA BULIK – Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S Depari, Minggu 6 Agustus 2023 tiba di Kabupaten Lamandau. Kedatangan Atal tersebut adalah dalam rangka menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) 6-8 Agustus 2023.

Sebagai bentuk penghormatan, Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Lamandau menganugerahi gelar Atal S Depari, dengan Gelar Adat Omas Pena Setia Jaya.

Prosesi pemberian gelar adat (Penggolaran Adat) dilaksanakan di Rumah Jabatan Bupati Lamandau, dan dipimpin oleh Kerapatan Adat DAD Lamandau.

Dengan diberikannya Golar Adat itu, penerima golar diharapkan dapat menjaga perilaku dan martabat secara bertanggung jawab dalam penggunanaanya, sehingga memberikan dampak positif terhadap pengembangan adat istiadat di wilayah masyarakat adat dayak Kabupaten Lamandau.

BACA JUGA:   Rayakan HUT Damkar dan Satlinmas, Sekda Sebut Dua Lembaga yang Berkontribusi Besar untuk Masyarakat

Kemudian, kepada tokoh masyarakat, pejabat yang mendapat gelar adat dayak tomun tersebut dapat mencantumkan gelar kehormatannya pada penulisan di sebelah kiri nama yang dipergunakan dalam acara atau kegiatan adat istiadat.

Dalam sambutannya, Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana, yang juga Ketua DAD Kabupaten Lamandau mengatakan bahwa penggolaran Adat kepada Ketum PWI itu merupakan sebuah penghormatan.

BACA JUGA:   Pj Bupati Lamandau Komitmen Lakukan Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi

“DAD Lamandau memutuskan untuk memberikan Golar Adat ini. Ada sisipan doa pada prosesnya, semoga kebaikan selalu menyertai Atal S Depari,” katanya.

Bupati Hendra menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketum PWI yang telah datang ke Bumi Bahaum Bakuba dalam rangka peringatan HPN tahun 2023 tingkat Provinsi Kalteng.

“Kegiatan HPN ini, kita rangkaikan dengan acara daerah, yakni Festival Babukung, agar pada saat penyelenggaraan khalayak ramai bahkan pak Ketum bisa menyaksikan keindahan dan keragaman budaya di Kalimantan Tengah, khususnya di Kabupaten Lamandau,” pungkasnya.