Membangun SDM Berdaya Saing Merupakan Kebutuhan Mutlak

LULUS/BERITA SAMPIT- Ketua DPRD Mura, Dr. Doni,SP.,M.Si

PURUK CAHU- Ketua DPRD Murung Raya, Doni menyebutkan membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdaya saing tinggi merupakan kebutuhan yang mutlak dan mendesak di era revolusi industri 4.0.

“Pemerintah melalui instansi terkait dapat mendorong setiap sekolah, terutama di tingkat SMA/SMK untuk melakukan inovasi dalam pelaksanaan pendidikan, baik dari penerapan kurikulum, maupun pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler,” ujarnya, Senin 7 Agustus 2023.

Ia menilai bahwa inovasi pendidikan di sekolah harus terus digencarkan. Olehnya karena itu, pihaknya mendorong agar kurikulum dan pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

“Memiliki keunggulan dalam persaingan merupakan idaman setiap Perusahaan, dan hal ini tidak mudah mencapainya. Salah satu faktor penting untuk mencapai tujuan tersebut adalah optimalisasi pengelolaan SDM,”jelasnya.

Dikatakannya, peningkatan kualitas SDM muda menjadi kunci penting dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman dan persaingan global. Dengan meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan peluang bagi para siswa untuk berpartisipasi dan beradaptasi dengan perubahan untuk meraih kesuksesan di masa depan.

Selain itu, kerjasama antara Pemda sekolah, dan dunia industri juga diperlukan. Ia menyebut dengan melibatkan dunia industri, para siswa dapat mengalami dan memahami lebih mendalam tentang sektor-sektor pekerjaan yang ada, serta mendapatkan peluang untuk berinteraksi langsung dengan para profesional di bidangnya.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

“Melalui kerja sama tersebut diharapkan dapat membantu menciptakan iklim belajar yang menarik, serta meningkatkan pemahaman siswa tentang dunia nyata dan potensi karir yang ada di masyarakat. Ini akan berdampak positif pada motivasi belajar mereka dan memberikan arah yang lebih jelas dalam mempersiapkan diri untuk masa depan anak-anak kita,”pungkas Doni.(Lulus)