Paskibraka Program Kaderisasi Calon Pemimpin Bangsa yang Berkarakter Pancasila

IST/BERITA SAMPIT - Para peserta Paskibraka Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023

PALANGKA RAYA – Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (KSDM) Suhaemi menyampaikan, ucapan selamat kepada para peserta didik yang berasal dari Sekolah Menengah Atas sederajat di Kalimantan Tengah, yang terpilih menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023.

Hal ini disampaikannya saat membuka secara resmi Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Paskibraka Provinsi Kalteng Tahun 2023, di Aula Eka Hapakat (AEH) Lantai III, Kantor Gubernur Kalteng, Senin 7 Agustus 2023.

“Tentunya, hal ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan, dimana kalian merupakan putra-putri terbaik Kalimantan Tengah yang telah dinyatakan lulus seleksi dengan berbagai proses dan tahapan yang telah dilalui,” ucapnya.

Sehingga pada hari ini, akan mulai dididik dan dilatih sebagai Paskibraka, untuk mengemban tanggung jawab besar pada Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, pada tanggal 17 Agustus 2023 yang akan datang.

BACA JUGA:   Pengendalian Karhutla di Kalteng Terus Mengalami Perbaikan

Ia mengatakan, siswa dan siswi Kalimantan Tengah yang mampu tampil melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Bangsa adalah generasi muda yang cerdas, terampil, berbudi pekerti yang luhur, memiliki ilmu pengetahuan yang luas, sehat rohani dan jasmaninya, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, rukun satu sama lainnya serta memiliki semangat untuk mengabdi kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

“Paskibra yang terpilih harus mampu menunjukkan kualitas sebagai insan terpilih, beretika tinggi dan berbudi luhur serta memiliki wawasan kebangsaan yang tinggi,” tegasnya.

Hal ini akan kalian buktikan selama kalian mengikuti pendidikan dan pelatihan, dimana proses yang akan kalian jalani bertujuan untuk memantapkan ketahanan fisik maupun kesiapan mental demi suksesnya pelaksanaan sebuah misi dan tugas penting anggota Paskibra.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Gelar Peringatan Nuzulul Quran 1445 Hijriah

Sementara itu Kaban Kesbangpol Provinsi Kalteng Katma F. Dirun menyebut, bahwa adanya program paskibraka ini adalah program kaderisasi calon pemimpin Bangsa yang berkarakter Pancasila.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama 14 hari, mulai dari tanggal 7 sampai dengan 20 Agustus 2023, dan diikuti sebanyak 54 orang peserta, terdiri dari utusan Kabupaten/ Kota se Kalimantan Tengah,” lugasnya.

Selama kegiatan ini berlangsung, peserta akan ditampung di Hotel Dandang Tingang Jalan Yos Sudarso No. 13, Palangka Raya, sedangkan untuk Pelatihan Paskibraka dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Tengah Jl. RTA Milono No. 1 Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah. (Hardi)