Ribuan Masyarakat Lamandau Antusias Saksikan Even Festival Babukung 2023

IST/BERITA SAMPIT - Terlihat masyarakat menyaksikan pertunjukan Festival Babukung 2023.

NANGA BULIK – Ribuan masyarakat Kabupaten Lamandau, antusias menyaksikan pergelaran even Festival Babukung 2023 yang masuk dalam kalender pariwisata nasional Kementerian Pariwisata.

Ribuan warga setempat memadati Jl Trans Lokal tersebut dari masing kecamatan untuk melihat penampilan karakter topeng atau luha dalam Karnaval Topeng Bukung yang diikuti ribuan peserta.

“Dengan diikuti oleh ratusan peserta yang tampil dalam Topeng Bukung, tentu mereka (masyarakat) dari berbagai kelompok masyarakat di delapan kecamatan dan pihak lainnya tentu ingin menyaksikan mereka,” kata Bupati Lamandau Hendra Lesmana di Nanga Bulik, Senin 7 Agustus 2023.

BACA JUGA:   Anggota Babinsa Koramil 1017-01/Bulik Terima Bingkisan Lebaran dari Kasad

Hendra juga menyebutkan, tahapan pelaksanaan acara yang dilakukan sudah masuk dalam kalender Kementerian Pariwisata akan terus di tingkatkan.

“Ini tentunya akan menjadi sebuah kegiatan yang benar-benar prestisius yang nyaman untuk disaksikan,” harapnya.

Festival tersebut juga diharapkan mampu membawa peningkatan terhadap aspek ekonomi bagi masyarakat, dengan meningkatkan tingkat hunian di penginapan serta sarana untuk lebih dikenalnya kuliner khas Lamandau.

BACA JUGA:   Pj Bupati Lamandau: Pasar Ramadan Bisa Menggerakan Perekonomian melalui UMKM 

Ia juga menilai Festival Babukung 2023 sebagai hal ini dibuktikan dengan dilakukannya dengan para pelaku ekonomi dan warga setempat.

“Kami melihat antusiasme masyarakat yang begitu luar biasa dan tentunya mampu memacu percepatan ekonomi di daerah,” ujarnya.

Ia juga berharap agar masing-masing kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah, bekerja sama antara satu dan lainnya untuk membuat paket wisata bersama. (Andre)