Kabar Gembira! Uji Praktik SIM C Angka 8 dan Zigzag di Kapuas Resmi Dihapus

IST/BERITASAMPIT - Kabar gembira bagi pemohon SIM C di Satlantas Polres Kapuas. Sebab, materi angka 8 ditiadakan.

KUALA KAPUAS – Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Kapuas yang hendak membuat surat izin mengemudi (SIM) C. Sebab, ujian SIM C angka 8 dan zigzag kini resmi dihapus. Kini jalurnya lebih mudah dan masuk akal.

Kapolres Kapuas AKBP Kurniawan Hartono melalui Kasatlantas AKP Sugeng mengumumkan perubahan bentuk uji praktik pembuatan SIM C.

Bentuk perubahan uji praktik yakni, perubahan lintasan uji menjadi sebuah sirkuit. Perubahan itu dirancang untuk mengakomodir 4 materi ujian praktik.

“Dalam perubahan ini, jalur ujian yang sebelumnya membentuk angka 8, diganti dengan jalur yang membentuk huruf S,” kata AKP Sugeng Selasa, 8 Agustus 2023.

Sugeng menambahkan, materi zig-zag atau slalom test tidak lagi menjadi bagian dari ujian praktik SIM. Ini jauh lebih mudah dari materi sebelumnya.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

“Lebar lintasan juga akan diatur 2 kali lebar kendaraan bermotor yang diuji,” terangnya.

Keputusan ini diambil untuk memberikan pengalaman uji praktik yang lebih representatif bagi calon pengendara yang akan mengajukan persyaratan permohonam SIM.

Perubahan itu, diharapkan dapat lebih mencerminkan situasi nyata di jalan raya. Sehingga membantu calon pengendara lebih siap menghadapi berbagai situasi dalam mengemudikan kendaraan.

Para calon pengendara diharapkan memahami perubahan itu dan mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi uji praktik pembuatan SIM C yang baru ini.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

“Kapolres Kapuas juga mengingatkan agar calon pengendara selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan menjunjung tinggi keselamatan dalam berkendara,” tegasnya.

Perubahan ujian praktik ini disambut gembira oleh warga. Sebab materi yang sulit dalam ujian sudah dihapuskan.

“Kalau melihat sketsa, ujian SIM akan lebih mudah. Karena ini sesuai realita di jalan. Selama ini kami memang kesulitan saat ujian materi angka 8,” kata Bain warga Kecamatan Tamban catur.

Selain itu, dengan dilebarkannya lintasan uji. Akan sangat membantu dalam ujian. “Lebarnya dua kali ukuran motor. Jadi bisa bermanuver dengan leluasa. Tinggal menjaga keseimbangan saja,” jelasnya.

(Hasan)