Perempuan Sangat Berperan dalam Meningkatkan Pertumbuhan UMKM

IST/BERITA SAMPIT - Ketua komisi I DPRD Kalteng Drs. Yohannes Freddy Ering

PALANGKA RAYA – Ketua komisi I DPRD Kalteng Drs. Yohannes Freddy Ering mengungkapkan, bahwa perempun sangatlah berperan penting dalam pembangunan UMKM.

“Seperti dapat kita lihat, khususnya di kota Palangka Raya yang paling mendominasi adalah para perempuan, salah satunya peran perempuan itu sebagai pembuat keputusan utama dalam memilih produk dan pelayanan yang tersedia di pasar, perempuan turut berperan dalam meningkatkan pertumbuhan UMKM,” ucapnya, Senin 14 Agustus 2023.

Tidak hanya itu, perempuan menjadi konsumen yang konsisten, loyal, dan memiliki pengaruh besar di dalam keluarga, masyarakat, dan lingkungan kerjanya. Selain itu, perempuan juga berperan sebagai pengusaha dan tenaga kerja di sektor UMKM.

BACA JUGA:   Apresiasi Penanganan Infrastruktur Jalan di Kalteng, Dewan Ingatkan Pemprov Titik Jalan Lainnya Juga Diperhatikan

“Seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya peran perempuan dalam pembangunan ekonomi, banyak program dan kebijakan yang didedikasikan untuk mendukung pengembangan usaha perempuan, seperti menjalin kemitraan dengan lembaga keuangan untuk memudahkan akses permodalan,” tambahnya.

Selain itu juga perempuan bisa memberikan pelatihan dan keterampilan bisnis, yang pastinya dengan dukungan perempuan dapat menjadi pengusaha yang mandiri dan berhasil dalam mengembangkan usaha mereka.

BACA JUGA:   Anggota DPRD Kalteng Apresiasi Kepolisian Ungkap Kasus Pencurian Pecah Kaca Mobil

“Melalui partisipasi dan kontribusi mereka dalam sektor UMKM, perempuan turut mempercepat pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja baru, oleh karena itu, penting bagi pemerintah, lembaga keuangan, dan masyarakat secara luas untuk memberikan dukungan dan perhatian pada perempuan sebagai pengusaha dan konsumen di sektor UMKM,” ungkapnya.(yud)