Legislator Kalteng Imbau Generasi Muda Tanamkan Sikap Bela Negara

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kalteng Wisman

PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kalteng Wisman mengimbau seluruh masyarakat, khususnya generasi muda yang ada di Provinsi Kalteng untuk menanamkan sikap bela negara dan menumbuhkan sikap cinta tanah air dalam diri.

Ia menjelaskan, jika sikap tersebut tertanam kuat dalam diri seseorang maka tidak muncul semangat persatuan dan kesatuan dan bangga menjadi warga Negara Indonesia.

“Kemerdekaan itu di raih dengan perjuangan dara, air mata bahkan nyawa, bukan hadiah. Karenanya cinta tanah air harus terus di miliki semua masyarakat. Yakni terus terpatri semangat HUT RI 17 Agustus,” ucapnya, Selasa 15 Agustus 2023.

Ia juga mengatakan, semangat perjuangan tidak harus seperti dulu, namun sekarang ada cara yang bisa dilakukan oleh masyarakat khususnya generasi Z atau Gen Z.

“Oleh karena itu, sebagai generasi penerus bangsa, anak muda harus terus belajar dengan sungguh-sungguh, mengabdikan diri untuk pembangunan bangsa dan negara, sehingga akan menciptakan pemimpin yang bijaksana dan membawa ke arah kemajuan pembangunab kedepan,” jelasnya.

BACA JUGA:   Anggota DPRD Kalteng Apresiasi Kepolisian Ungkap Kasus Pencurian Pecah Kaca Mobil

Ia menambahkan, ada dua hal yang harus diperhatikan untuk melatih diri mencintai tanah air, yakni mindset atau cara pandang ke arah yang lebih baik, dan goodwill atau niat baik yang ada di dalam hati.

“Niatkan semua apa yang kita lakukan dengan ibadah, maka yang didapat itu tidak terhingga. Meskipun dengan esensi yang kecil, kalau niatnya ibadah akan mendapatkan hal yang jauh lebih besar,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan para anak muda untuk selalu memotivasi diri untuk menjadi pribadi lebih baik dan terus belajar tentang sejarah bangsa dan negara ini, serta tau makna UU 45, Pancasila, GBHN dan Bineka Tunggal Ika.

BACA JUGA:   Apresiasi Penanganan Infrastruktur Jalan di Kalteng, Dewan Ingatkan Pemprov Titik Jalan Lainnya Juga Diperhatikan

“Penanaman cinta tanah air bisa dengan banyak cara baik di lingkup sekolah, keluarga dan masyarakat umum dalam kegiatan gotong- royong,” ungkapnya.

Ia juga menyambut baik adanya lomba-lomba 17 Agustus, pengecetan gapura, pagar serta pemasangan umbul-umbul dan Bendera Merah Putih.

“Kegiatan gotong royong dan lomba dalam menyemarakan HUT RI cukup positif. Namun yang tidak kalah penting bagaimana agar bisa menumbuhkan kembali rasa cinta tanah air yang kuat, khususnya pada generasi milenial,” lugasnya.

Ia mengingatkan jasa para pejuang kemerdekaan harus selalu di kenang dan di hormati.

“Kita semua jangan melupakan jasa para pejuang kemerdekaan. Karena itu jaga persatuab dan kesatuan bangsa ini. Walau banyak suku, agama, golongan adat dan budaya, kita harus selalu ingat semangat perjuangan kemerdekaan menyatukan republik bangsa ini,” tandasnya. (Hardi)