Panjat Pinang Meriahkan Perayaan HUT RI ke-78 di Kecamatan Parado

NAIN/BERITA SAMPIT – Suasana lomba panjat pinang di lapangan Desa Parado Rato, Kamis 17 Agustus 2023

BIMA – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 78, ratusan warga kecamatan Parado Kabupaten Bima Propinsi NTB dari berbagai kalangan turut meriahkan perayaan tersebut dengan berbagai kegiatan. Salah satu kegiatan yang paling dinanti adalah tradisi panjat pinang yang dilaksanakan dilaksanakan di lapangan Desa Parado Rato, Kamis 17 Agustus 2023.

Sejak pukul 15.00 WITA, warga Kecamatan Parado sudah berkumpul di lokasi acara dengan penuh semangat. Tiang panjang yang diberi pelumas menjadi tantangan yang harus dihadapi peserta dalam meraih hadiah menarik yang tergantung di puncaknya. Panitia pun telah menyiapkan hadiah menarik seperti sepeda anak-anak, perabotan rumah tangga, perlengkapan sekolah serta perlengkapan lainnya.

Meski gerimis yang turun tidak membuat semangat peserta surut. Mereka berbaris rapi, menanti giliran untuk mencoba meraih hadiah yang tergantung di puncak tiang, yang dilapisi dengan bahan yang licin. Antusiasme peserta terlihat dari sorak sorai dan semangat yang membara.

Dalam suasana penuh antusiasme, teriakan dan sorak sorai penonton mengiringi setiap langkah peserta yang berusaha memanjat dan meraih hadiah yang tergantung di puncak tiang.

Selain peserta yang menunjukkan kepiawaian dalam meraih hadiah, penonton juga tidak kalah semangat. Beragam dukungan, teriakan, dan tepuk tangan mengiringi setiap upaya peserta untuk mencapai puncak tiang. Tawa dan keceriaan pun terpancar dari wajah mereka yang menikmati momen tersebut.

Tidak sedikit peserta yang berlomba dengan strategi dan kerjasama. Ada yang saling memberikan bantuan, bergantian memanjat, dan berjuang bersama-sama untuk menuju puncak tiang. Semangat kebersamaan dan sportivitas terasa begitu kuat di antara semua peserta.

” cara panjat pinang dalam perayaan HUT RI ini memberikan suasana kebersamaan, keceriaan, dan semangat patriotik di antara masyarakat Parado. Momen ini tak hanya sebagai ajang kompetisi semata, tetapi juga sebagai simbol kekompakan dan cita-cita bersama untuk membangun bangsa yang lebih baik,” ucap Rahmah salah satu warga yang turut hadir menyaksikan kegiatan tersebut.

Dengan suksesnya acara panjat pinang ini, semangat peringatan HUT RI yang ke 78 di Kecamatan Parado semakin terasa. Peserta dan penonton pulang dengan senyuman, membawa kenangan indah dan semangat untuk terus mewujudkan cita-cita negara. (Nain)