Selebgram Dayana dan PKN Sebut Perpindahan Ibu Kota Jadi Langkah Strategis

Dayana Assembayeva Gadis Asal Kazakhstan dan Partai Kebangkitan Nusantara Dalam Sebuah diskusi di Jakarta Pusat, Kamis 17 Agustus 2023.

JAKARTA– Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyebutkan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menjadi model pembangunan yang inklusif, berkelanjutan, dan berbasis teknologi.

Sekjen Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Mulyono mengatakan pembangunan IKN sebagai ibu kota negara baru akan menjadi salah satu langkah strategis dalam memastikan Indonesia muncul sebagai negara maju yang diakui dunia.

Karena, menurut Mulyono, Ibukota Indonesia, Jakarta, saat ini menghadapi tantangan yang serius terkait dengan kemacetan lalu lintas yang parah dan kualitas udara yang buruk.

“Di tengah kondisi ini, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) dengan tegas mendukung rencana pemindahan ibukota negara di Kalimantan Timur,” tandas Mulyono dalam diskusi bilangan Menteng Jakarta pusat Kamis, 17 Agustus 2023.

Mulyono mengatakan bahwa PKN percaya bahwa pemindahan ibukota adalah langkah strategis yang tak hanya akan mengatasi permasalahan Jakarta, tetapi juga akan memberikan dampak positif pada keseluruhan keberlanjutan Indonesia.

BACA JUGA:   Cuaca Ekstrem di Kalteng dan Kalbar, Legislator Golkar: Pemerintah Harus aktif Lakukan Mitigasi Bencana Alam

“Sebagai bagian dari komitmen untuk mewujudkan visi ini, PKN memandang bahwa pendekatan ibukota nusantara adalah jalan yang tepat,” imbuh Mulyono.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Gusti Lesek mengatakan bahwa pembangunan Ibukota di luar pulau Jawa tersebut sejalan dengan semangat Indonesia Centris, yang mengusung gagasan bahwa Indonesia tidak hanya berpusat di Pulau Jawa.

“Jadi, dengan adanya pemindahan ibukota jakarta ke Kaltim itu dapat lebih meratakan pembangunan dan mengakselerasi perkembangan daerah-daerah di luar Jawa,” tandas Gusti.

PKN, kata Gusti menegaskan diri sebagai satu-satunya partai fokus terhadap kondisi Jakarta saat ini.

“Kami melihat bahwa rencana ibukota nusantara ini adalah kepentingan umum yang tidak hanya berdampak dalam jangka waktu 5-10 tahun, tetapi juga akan membawa manfaat bagi anak cucu kita ke depan,” ujar Gusti.

BACA JUGA:   Prabowo-Gibran Resmi Menang Pilpres 2024

Hal senada juga disampaikan Selegram Dayana Assembayeva, gadis asal Kazakhstan ini pun mendukung pembangunan Ibukota Nusantara (IKN) yang berkelanjutan.

“Dayana secara prinsip mendukung pemindahan ibukota ke Kalimantan. Saya kira IKN itu bisa menjawab permasalahan yang ada di Indonesia sekarang, khususnya di ibukota Jakarta yang menjadi polusi dan banyak dan kemacetan,” imbuh Dayana.

Untuk itu, Dayana dengan tegas mengajak seluruh kalangan, dari berbagai lapisan masyarakat, untuk bersama-sama mendukung gerakan energi baru nusantara demi Indonesia dan Nusantara yang lebih baik.

Adapun gerakan ini melibatkan aspek ekonomi, politik, pemerintahan, lingkungan, dan berbagai sektor penting lainnya.

“Semoga PKN akan terus bekerja sama dengan berbagai pihak, mendorong inovasi, dan menginspirasi perubahan positif dalam upaya menciptakan ibukota nusantara yang ramah lingkungan,” pungkas Dayana Assembayeva.

(adista)