Dibudidaya Warga Binaan, Rutan Kapuas Berhasil Panen Satu Ton Ikan Patin

IST/BERITASAMPIT - Warga binaan Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas saat memanen satu ton ikan patin.

KUALA KAPUAS – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas berhasil meraih hasil panen yang membanggakan dalam kegiatan pembinaan kemandirian budidaya ikan.

Pada panen kali ini, rutan berhasil memperoleh satu ton ikan patin, yang menjadi bukti nyata kesuksesan upaya pembinaan dan pengembangan keterampilan di dalam Rutan Kapuas.

Kepala Rutan Toni Aji Priyanto mengungkapkan kegembiraannya atas prestasi yang telah diraih oleh warga binaan.

“Kami sangat bangga dengan kemajuan yang dicapai oleh warga binaan dalam program budidaya ikan patin, ini adalah bukti nyata bahwa pembinaan kemandirian memberikan manfaat yang signifikan bagi narapidana. Kami berharap keberhasilan ini dapat memberikan motivasi dan harapan baru bagi mereka dalam mempersiapkan masa depan yang lebih baik.” ujar Toni, Minggu 20 Agustus 2023.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Sebelumnya melalui pelatihan dasar yang diberikan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas, Warga Binaan Rutan Kapuas telah memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan budidaya ikan patin, dengan semangat dan kerja keras, berhasil menjalankan budidaya ikan patin di kolam rutan Kapuas.

Hasilnya, Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas kini dapat panen ikan patin sebanyak satu ton, Keberhasilan ini tidak hanya menjadi bukti kemampuan warga binaan dalam mengimplementasikan ilmu yang mereka peroleh, tetapi juga mencerminkan komitmen Rutan dalam memfasilitasi pembinaan kemandirian yang berdampak positif bagi narapidana.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Dalam kegiatan panen ikan tersebut Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas tidak hanya menghadirkan keberhasilan dalam program pembinaan, tetapi juga memberikan peluang ekonomi yang berkelanjutan bagi rutan kapuas.

“Selain memenuhi kebutuhan konsumsi internal, ikan patin yang dihasilkan juga dapat dijual ke masyarakat, memberikan sumber pendapatan tambahan yang bermanfaat dalam mendukung kegiatan di rutan,” pungkasnya.

(Hasan)