Legislator Kalteng Dorong Pemda Mengerakan Pemberdayaan SDA dan SDM

Hardi/BERITA SAMPIT - Legislator DPRD Kalteng Sengkon

PALANGKA RAYA – Legislator DPRD Kalteng Sengkon mendorong, adanya dukungan penuh dari pemerintah daerah (pemda) dalam menggerakan pemberdayaan dan pengelolaan sumber daya, baik sumber daya alam (SDA) maupun sumber daya manusia (SDM) di komunitas lokal Kalteng.

Ia menjelaskan, untuk memaksimalkan potensi SDA maupun SDM memerlukan langkah konkret, terutama dalam sektor pertanian dan perkebunan. Menurutnya, salah satu kunci keberhasilannya adalah dengan menghadirkan tenaga ahli yang mampu memberikan bimbingan dan arahan kepada masyarakat setempat, untuk membentu dalam mengelola lahan yang belum dimanfaatkan secara efektif.

BACA JUGA:   Sektor Kesejahteraan Rakyat Harus Terus Diperhatikan

“Saya percaya bahwa pemberdayaan SDA dan SDM, khususnya dalam sektor pertanian dan perkebunan, dapat diwujudkan melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan. Dengan mengundang para ahli, kami dapat memastikan bahwa lahan yang dimiliki oleh masyarakat digunakan secara maksimal dan efisien,” ucapnya Minggu 20 Agustus 2023.

Selain itu, dukungan komprehensif dari pemerintah juga menjadi perhatian, selain pelatihan, infrastruktur yang memadai menjadi unsur penting dalam pengembangan SDA dan SDM. Dukungan pemerintah dalam memperbaiki infrastruktur fisik di daerah, akan membuka akses lebih baik untuk mengangkut hasil pertanian dan perkebunan ke pasar yang lebih luas.

BACA JUGA:   Penguatan Ketahanan Pangan Dapat Memberikan Dampak Positif

Ia juga mendorong, pemerintah untuk memberikan program pengadaan bibit dan pupuk dengan harga terjangkau. Langkah ini akan mendorong petani dan petani lokal, untuk meningkatkan produktivitas mereka tanpa terbebani biaya yang berlebihan.

“Oleh karena itu, ini juga menjadi jawaban atas tantangan dalam memajukan sektor pertanian dan perkebunan di daerah ini, dukungan pemerintah terhadap pemberdayaan sumber daya alam dan manusia akan menjadi kunci keberhasilan dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan,” tandasnya. (Hardi)