Resmi Dilantik, Yosafat Pimpin Bawaslu Katingan

IST/BERITA SAMPIT - Ketua Bawaslu Katingan Yosafat Ericktovia (tengah) bersama Muhammad Sabri dan Usman Sitepu (batik hitam) usai pelantikan komisoner Bawaslu periode 2023-2028.

KASONGAN – Yosafat Ericktovia kembali terpilih sebagai Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Katingan periode 2023-2028.

Pemilihan tersebut dilakukan secara musyawarah mufakat antara ketiga komisioner Bawaslu Katingan yaitu Muhammad Sabri, Usman Sitepu dan Yosafat di Jakarta, Sabtu 19 Agustus 2023 malam.

Menurut Yusafat, pelantikan digelar di Hotel Pullman Central Park, Jakarta Barat Sabtu 19 Agustus 2023, dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja.

Pelantikan itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan nomor 2576.1-2613.1/HK.01.01/K1/08/2023. Surat itu ditandatangani Bagja pada Jumat 18 Agustus 2023.

“Pasca pelantikan kami anggota bawaslu Kabupaten Katingan langsung melakukan rapat pleno untuk pemilihan ketua dan saya dipercayakan kembali menjadi ketua Bawaslu Katingan Periode 2023-2028. Untuk devisi belum di plenokan dan segera kami bentuk,” ungkapnya, Minggu 20 Agustus 2023.

BACA JUGA:   Pj Bupati Katingan dapat Respon Baik dari KLHK Usai Koordinasi Terkait Penggunaan Kawasan Hutan

Meski demikian, pihaknya mulai gaspol untuk pengawasan mengingat tahapan pemilu yang terus berlangsung. Selain itu pihaknya akan bergerak cepat untuk melakukan konsolidasi internal dan pola hubungan kerja sesuai dengan Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) Nomor 3 Tahun 2022 tentang tata kerja dan pola hubungan pengawas pemilihan umum serta supervisi kepada jajaran Panwaslu kecamatan hingga pengawas tingkat desa/kelurahan.

“Apalagi sekarang ini tahapan pemilu terus berjalan jadi kami secepatnya melakukan pengawasan tahapan yang sudah berjalan, yaitu Pengawasan Penetapan DCS Anggota DPRD Kabupaten Katingan yang sudah diumumkan oleh KPU Katingan,” tambahnya.

Dia mengatakan, usai dirilisnya DCS dari tanggal 19-28 Agustus 2023, ia mengajak masyarakat untuk dapat memberikan saran dan tanggapannya terhadap daftar tersebut.

BACA JUGA:   Pilkada 2024, Berpeluang Halikinnor Maju Bersama Sekda Kotim

“Sehubungan dengan Penetapan DCS Anggota DPRD Kabupaten Katingan yang sudah diumumkan oleh KPU katingan, masyarakat diharapkan memberikan tanggapan dan masukan atas nama-nama tersebut. Mudah-mudahan KPU memberikan akses yang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk berpartisipasi melakukan pencermatan,” pungkasnya.

Diketahui tahun ini komisioner Bawaslu Katingan diisi oleh dua orang baru, yaitu Muhammad Sabri dan Usman Sitepu. Keduanya sudah sering dikenal di kalangan Masyarakat.

Muhammad Sabri sebelumnya pernah menjadi Direktur Operasional Perusahaan Daerah Bajurung Raya di Lamandau, dia juga merupakan pria yang dikenal aktif diberbagai organisasi ke masyarakat selama di Kabupaten Katingan. Sedangkan Usman Sitepu merupakan anggota komisioner KPU Kabupaten Katingan dua periode. Dan terakhir Yosafat terpilih kembali menjadi komisioner Bawaslu.

(Kawit)