Pemdes Kanca Bersama Mahasiswa PPL-KKN STKIP Taman Siswa Bima Gelar Seminar Pencegahan Stanting

NAIN/BERITA SAMPIT - Kepala Desa Kanca, Muhammad Ali saat memberikan sambutan pada seminar dalam upaya mencegah stunting dan menerapkan pola hidup sehat.

BIMA – Stunting merupakan masalah serius dalam pertumbuhan anak. Stunting terjadi akibat kekurangan gizi dan faktor lainnya. Dalam mengatasi masalah tersebut Pemerintah dan berbagai lembaga kesehatan terus berupaya melakukan langkah-langkah pencegahan yang efektif.

Sehingga berbagai upaya yang dilakukan dalam menurunkan angka stunting. Salah satunya menggelar kegiatan seminar maupun kegiatan – kegiatan lainnya seperti halnya yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Kanca Kecamatan Parado Kabupaten Bima Propinsi Nusa Tenggara Barat ( NTB) yang berkolaborasi dengan mahasiswa PPL – KKN terpadu dari STKIP Taman Siswa Bima dengan menggelar kegiatan seminar yang di laksanakan di aula Pemerintah Desa Kanca. Selasa, 22 Agustus 2023

Kegiatan dengan tema Upaya untuk Pencegahan Stunting dan Menerapkan Pola Hidup yang Sehat tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan edukasi kepada masyarakat Desa Kanca mengenai pentingnya nutrisi seimbang dalam pertumbuhan anak. Program-program gizi yang mencakup pemberian makanan bergizi, imunisasi, dan konsultasi gizi bagi ibu hamil dan balita menjadi perhatian utama dalam upaya pencegahan stunting.

Selain itu, Pemerintah Desa Kanca juga mendorong pola hidup sehat melalui kampanye yang gencar tentang pentingnya olahraga dan kegiatan fisik yang teratur. Dengan melibatkan masyarakat agar dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya pola hidup yang aktif dan sehat.

Tidak hanya itu, pendidikan mengenai pentingnya kebersihan dan sanitasi juga menjadi fokus dalam upaya mencegah stunting. Peningkatan akses terhadap air bersih, sanitasi yang baik, serta praktik kebersihan yang benar merupakan langkah penting dalam memastikan anak-anak tumbuh dengan optimal dan terhindar dari berbagai penyakit.

Kepala Desa Kanca, Muhammad Ali mengatakan, dalam upaya mencegah stunting, peran serta semua pihak sangatlah penting. Para orang tua, tenaga kesehatan, lembaga pendidikan, serta masyarakat secara keseluruhan perlu bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak secara optimal.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini di harapkan masyarakat desa kaca dapat menerapkan pola hidup yang sehat guna menciptakan sumber daya manusia yang cerdas, aktif, serta produktif  untuk kemajuan  desa kanca kedepannya,” ungkapnya

Ia menambahkan, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi masyarakat agar sadar akan keterkaitan dengan bahaya stunting

“Saya berharap dengan adanya kegiatan yang di laksanakan pada hari ini masyarakat desa kanca dapat memahami dan melaksanakan pola hidup sehat guna keberlanjutan generasi muda agar dapat tumbuh dengan optimal,” harapnya

Untuk di ketahui, dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN – PPL Terpadu dari Sekolah Tinggi keguruan dan ilmu pendidikan ( STKIP) Taman Siswa angkatan ke VII tahun 2023 tersebut turut di hadiri oleh UPT Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak,Pengendalian Penduduk dan keluarga Berencana ( DP3AP2KB) Kecamatan Parado, Kepala Puskesmas Kecamatan Parado, Kaltum S. Kep., Ketua BPD Desa Kanca serta masyarakat setempat. (Nain)