Wagub Kalteng Dampingi Mentan RI Tinjau Calon Food Estate di Desa Dahian Tambuk, Gunung Mas

IST/BERITA SAMPIT - Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo bersama Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo saat meninjau calon lokasi food estate singkong yang berada di Desa Dahian Tambuk Kecamatan Mihing Raya Kabupaten Gunung Mas

GUNUNG MAS – Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo bersama Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo meninjau calon lokasi food estate singkong yang berada di Desa Dahian Tambuk Kecamatan Mihing Raya Kabupaten Gunung Mas, Kalteng, Selasa 22 Agustus 2023.

Mentan Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa ia setuju dengan lokasi calon food estate yang ada di Desa Dahian Tambuk Kecamatan Mihing Raya Kabupaten Gunung Mas.

“Harapannya ada 1.000 hektar lahan, tetapi sebagai tahap awal bisa dengan yang ada sekarang ini,” ucapnya.

Sementara itu, Wagub menjelaskan kunjungan Mentan ke Kabupaten Gunung Mas ini dalam rangka alternatif ketahanan pangan di wilayah setempat.

BACA JUGA:   Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga, Yuas Elko: Upaya Stabilisasi Harga Pangan Jelang Hari Besar

“Ini salah satu bagian dari food estate, kita lihat apakah itu nantinya dalam bentuk tanaman singkong atau jagung, di luar dari lokasi yang sudah ada,” jelasnya.

Ia menambahkan, Desa Dahian Tambuk memiliki alternatif lain untuk tanaman food estate selain kacang-kacangan.

“Sehingga diharapkan program ketahanan pangan kita itu tidak seperti yang digambarkan orang-orang lagi, karena sebenarnya programnya betul-betul berjalan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Dahian Tambuk Pendi mengungkapkan bahwa ia menyambut baik adanya lokasi food estate singkong ini, karena bisa dijadikan sebagai mata pencaharian masyarakat setempat.

“Biasanya para petani berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Namun dengan adanya lokasi food estate ini, maka mereka bisa fokus di satu tempat untuk berkebun singkong,” tandasnya.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Gelar Peringatan Nuzulul Quran 1445 Hijriah

Pendi berharap dengan adanya kunjungan Mentan ini, Desa Dahian Tambuk bisa dijadikan sebagai lokasi food estate untuk penanaman singkong di Kalteng.

“Karena masyarakat Kalimantan Tengah mengharapkan adanya suatu mata pencaharian untuk menambah penghasilan demi meningkatkan kesejahteraan mereka,” tandasnya.

Diketahui, calon lokasi food estate singkong tersebut memiliki luas 721 hektar, yang terdiri dari Area Penggunaan Lain (APL) 610 hektar dan Hutan Produksi Konversi (HPK) 111 hektar. (Hardi)