Menyongsong Jambore UMKM 2023, Taman Kota Manis Pangkalan Bun Semarak oleh Ratusan Pedagang

MAN/BERITA SAMPIT - Nampak ratusan pelaku UMKM setiap Jumat malam sampai Minggu malam, menyemarakan Taman Kota Manis Pangkalan Bun, di waktu malam.

PANGKALAN BUN – Taman Kota Manis Pangkalan Bun, yang berhadapan dengan Jalan (Simpang 5) Tugu Pancasila tidak seperti biasanya. Kini semarak oleh ratusan pedagang pelaku UMKM, yang menjual berbagai makanan/wadai dan minuman siap saji.

“Katanya sih, dalam rangka menyongsong Jambore UMKM 2023, pada Jumat malam sampai Minggu malam, para pedagang bebas tapi teratur untuk buka lapak disini,“ kata Maemunah, pedagang es campur dan gorengan saat dibincangi Berita Sampit, Minggu 27 Agustus 2023 malam.

Pantauan Berita Sampit, para pengunjung membludak memenuhi sekitar 300 pelaku UMKM yang menjual beraneka makanan/wadai  lebih dari 100 jenis wadai/makanan dan minuman.

“Saya buka lapak berjualan disini, ada sekitar 1 bulanan karena satu minggu bebas berjualan Jumat malam sampai Minggu malam. Padahal setiap malam saja, agar Kota Pangkalan Bun setiap malam ramai,“ kata Elsa, yang menjual beraneka gorengan seperti naget dan telur gulung.

BACA JUGA:   Polres Kobar Amankan Aksi Damai Aliansi Masyarakat

Pj Bupati Kobar H. Budi Santosa, melalui Plh Sekda Kobar Juni Gultom saat dikonfirmasi, membenarkan para pedagang pelaku UMKM setiap Jumat malam sampai Minggu malam, sudah satu bulan lebih memenuhi lapangan Taman Kota Manis Pangkalan Bun.

“Selain, dalam rangka menyongsong Jambore UMKM yang akan dibuka rencana oleh Bapak Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran, pada tanggal 2 September, yang berakhir sampai 9 September 2023.  Juga untuk menumbuh kembangkan pelaku UMKM di Kabupaten Kobar, agar usahanya semakin maju,“ kata Juni Gultom.

Juni Gultom menambahkan, Kabupaten Kobar  sebagai tuan rumah Jambore UMKM 2023, mohon dukungannya dari semua pihak khususnya masyarakat Kabupaten Kobar.

“Dan mohon doa restunya, selama kegiatan Jambore UMKMdi Kabupaten Kobar berjalan tertib dan aman, serta sukses. Khususnya untuk semua pelaku UMKM  sebagai peserta Jambore, diharapkan akan bertambah pengalamannya dan hubungan silaturahmi dari 5 Kabupaten semakin terjalin dengan erat,Amiin,“ ujar Juni Gultom.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar Hadiri Launching Rute Baru Maskapai Batik Air

Seperti sebelumnya telah disampaikan Plh Sekda Kobar Juni Gultom diberbagai media online, berbagai persiapan untuk kegiatan Jambore UMKM 2023 sudah matang, setelah mendapat kepastian dari Pemprov Kalteng bahwa pelaksanaannya dibuka pada 2 September 2023.

Ditambahkannya, lokasinya sangat strategis berada sekitar dalam kota, maka kegiatan Jambore UMKM 2023 akan digelar dilokasi  “Pangkalan Bun Park“ dari 2 sampai 9 September 2023.

“Rencananya, pembukaan akan dihadiri oleh Bapak Gubernur Provinsi Kalteng, juga dihadiri  Mentri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Teten Masduki dan seluruh bupati dari masing-masing lima kabupaten,“ imbuh Juni. (Man)