Pemkot Palangka Raya Terima Kunjungan Tim Peneliti Riset Gambut Karhutla Dari Hokkaido Jepang

SYAUQI/BERITA SAMPIT- Sekda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu saat bertemu dengan Tim Peneliti dari Hokkaido Jepang dan UPR.

PALANGKA RAYA- Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya menerima kunjungan Tim peneliti dari Hokkaido Jepang dan universitas Palangka Raya (UPR) dalam rangka Riset Gambut dan Black Water serta Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Rabu 30 Agustus 2023.

Wali Kota Palangka Raya melalui Sekda Kota kota setempat Hera Nugrahayu menerima Langsung Kunjungan Tim Peneliti dari Hokkaido Jepang dan Tim dari Universitas Palangka Raya.

Hera menyambut baik kegiatan riset pengembangan terhadap gambut dan antisipasi Karhutla yang akan dilaksanakan oleh Tim Peneliti dari Hokkaido Jepang dan Tim UPR.

BACA JUGA:   Flamboyan Bawah Palangka Raya Banjir, Warga Harapkan Bantuan dari Pemerintah

Hera mengatakan riset tersebut kedepannya diharapkan dapat membawa dampak baik dalam penanganan Karhutla di Kalimantan Tengah.

“Mengingat bahwa hampir 40 persen wilayah di Kota Palangka Raya terdiri dari lahan gambut yang luasnya mencapai 115.873 hektar dari total luas wilayah Kota Palangka Raya 285.312,40 hektar dan rentan mengalami kebakaran lahan pada saat musim kemarau,” ungkapnya.

BACA JUGA:   BEM UPR Dukung Kejari Palangka Raya Usut Tuntas Dugaan Korupsi di Pascasarjana

Sementara itu, Kepala UPT Laboratorium Lahan Gambut Adijaya berharap agar bisa terlaksananya riset yang direncanakan secara detail pada agustus 2024 untuk upaya pencegahan karhutla melalui sabun pemadam kebakaran yang diperkenalkan oleh Tim Peneliti dari Hokkaido Jepang.

“Sebagai solusi efektif untuk memadamkan kebakaran lahan gambut karena kinerja pemadaman kebakaran yang tinggi dan dampak negatif lingkungan yang rendah,” tandasnya. (Syauqi).