Kalaksa BPBD Kotim: Suplai Air dari Seluruh SOPD ke Lokasi Karhutla Sangat Membantu Tim di Lapangan

ILHAM/BERITA SAMPIT - Kalaksa BPBD Kotim Multazam

SAMPIT – Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Timur Multazam, mengapresiasi dengan peran semua Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), yang turut membantu mengirimkan armada mereka untuk mensuplai air ke lokasi kebakaran hutan dan lahan di kota Sampit, Kabupaten Kotim.

“Kami sangat terbantukan dalam beberapa hari ini melakukan pemadaman di lapangan karena mendapatkan bantuan suplai air dari masing-masing OPD, sehingga tidak lagi bolak balik jauh mengambil air saat melakukan pemadaman,” kata Multazam, Senin 4 September 2023.

BACA JUGA:   BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Pihak Kecamatan Sosialisasikan Manfaat Jaminan Sosial

Keterbatasan air menjadi salah satu kendala tim melakukan pemadaman di lapangan, dengan adanya bantuan air dari para OPD, tim lebih mudah mendapatkan air tak sempat kehabisan sehingga mempercepat proses pemadaman.

“Penyaluran air dari OPD berjalan sesuai jam kerja yakni dari pagi sampai jam 16.00 WIB sore. Di atas jam itu BPBD sendiri yang bekerja memadamkan sampai malam hari,” ujar Multazam.

Senin 4 September 2023, ada sebanyak sembilan OPD yang berperan yakni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Dinas Perikanan (Diskan), Inspektorat, Sekretariat Daerah (Setda), Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), Dinas Ketahanan Pangan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kotim.

BACA JUGA:   Korban Tenggelam di Luwuk Bunter Cempaga Ditemukan

“Seluruh OPD ini menggunakan anggaran sendiri, dan membantu memadamkan karhutla ini merupakan tindaklanjut surat edaran Bupati Kotim,” terang Multazam.

“Dengan adanya kerjasama seluruh SOPD, relawan serta masyarakat, semoga karhutla ini bisa ditanggulangi dengan cepat,” pungkasnya. (ilm)