Para Tokoh Pendiri Lamandau Apresiasi Pembangunan Gedung Baru RSUD

IST/BERITA SAMPIT - Arsyadi Madyah salah satu tokoh masyarakat dan juga pembangunan daerah.

NANGA BULIK – Gedung Baru Tower A Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lamandau telah rampung dibangun. Gedung dengan lima lantai tersebut telah diresmikan secara langsung oleh Bupati Lamandau Hendra Lesmana, Senin, 4 September 2023 kemarin.

Peresmian gedung baru RSUD Lamandau itu juga dirangkai dengan kegiatan bakti sosial berupa pemeriksaan mata, kacamata dan operasi katarak gratis untuk ribuan masyarakat.

Tah hanya itu, peresmian gedung baru itu juga dihadiri para tamu undangan termasuk Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan (Kemenkes RI), dr Aswan Usman.

Sejumlah tokoh masyarakat Kabupaten Lamandau juga turut hadir, diantaranya Thedan Usith, Darmawi Juwahir dan Aryadi Madiah. Diketahui, mereka juga merupakan bagian dari para tokoh yang turut terlibat dalam pembentukan Kabupaten Lamandau.

Sebagai bentuk penghormatan, Bupati Hendra Lesmana saat itu spontan mempersilahkan ketiga tokoh yang hadir tersebut untuk membuka tirai sebagai simbol diresmikannya gedung baru itu.

Saat diwawancara, Arsyadi Madyah mengaku bangga sekaligus mengapresiasi Bupati Lamandau yang memiliki keseriusan dalam upaya peningkatan layanan kesehatan yang merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat.

BACA JUGA:   Pemkab Bersama Perusahaan Swasta Bahas Perbaikan Sejumlah Ruas Jalan di Lamandau

“Alhamdulillah, dengan telah selesainya pembangunan Tower A (gedung RSUD) ini tentu kita bersyukur karena saat ini kita memiliki (gedung) RSUD yang representatif. Ini bentuk keseriusan pak Bupati, keserusan pemerintah daerah termasuk DPRD yang telah menyetujui dan merestui kebijakan yang masuk dalam skala prioritas pembangunan,” ungkap tokoh masyarakat yang biasa disapa Andi Arsyad itu.

Berbicara soal layanan kesehatan, katanya lagi, tentu yang pertama kita harus punya tempatnya, gedungnya. Alhamdulillah gedung tower A kini telah selesai dibangun dan sudah mulai difungsikan secara bertahap, bangunannya luar biasa bagus dan megah.

Ia juga berharap jika peningkatan fasilitas kesehatan dapat berbanding linier dengan peningkatan layanannya sehingga dia berpesan agar direktur RSUD termasuk tenaga medis untuk terus meningkatkan kualitas SDM-nya sehingga masyarakat bisa terlayani dengan baik.

“Perasaan kami betul-betul bangga dan bersyukur, kabupaten Lamandau saat ini terus bergerak maju, semoga apa yang sudah dimulai ini terus dikembangkan dan dilanjutkan,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Desa Mekar Mulya Raih Sertifikasi RSPO

Diketahui, pembangunan gedung baru RSUD Lamandau itu menggunakan anggaran murni Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau sebesar Rp 60 Miliar yang dikerjakan secara Multiyears dimulai tahun 2021 hingga 2022.

Disampaikan Direktur RSUD saat menyampaikan laporan pada kegiatan peresmian, gedung baru RSUD tersebut dirancang dengan memberikan kesan ‘Hoomy’ yang diharapkan masyarakat yang berobat tidak seperti berobat ke rumah sakit, tapi seolah-olah sedang berada di pusat perbelanjaan, karena disediakan stand-stand makanan dan minuman. Hal ini untuk mengaburkan aroma obat yang menjadi ciri khas rumah sakit.

“RSUD Lamandau adalah satu-satunya bangunan bertingkat 5 yang dilengkapi lift dan menampilkan ornamen-ornamen di dalam gedung dengan curi khas Suku Dayak Tomun dengan tujuan transfer on knowledge,” sebutnya.

Gedung baru RSUD Lamandau terdiri dari 5 lantai, dimana lantai 1 adalah instalasi darurat, ponek dan radiologi. Lantai 2 untuk ruang poliklinik rawat jalan dan laboratorium. Lantai 3 merupakan kamar operasi dan ICU. Kemudian lantai 4 untuk kebidanan dan perinatologi dan Lantai 5 merupakan ruang perawatan standar. (Andre).