Hari Ketiga Operasi Patuh Telabang, Satlantas Polres Seruyan Jaring 15 Pelanggar

AHMAD/BERITASAMPIT - Kasatlantas Polres Seruyan Iptu Prio Amboro saat diwawancarai di ruangannya, Rabu 6 September 2023.

KUALA PEMBUANG – Dari 4-17 September 2023 Polres Seruyan menggelar Operasi Patuh Telabang 2023 melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas). Selama tiga hari operasi berjalan, sebanyak tujuh pelanggar lalu lintas berhasil ditindak berupa teguran dengan beragam kesalahan.

Kapolres Seruyan AKBP Ampi Mesias Von Bulow melalui Kasatlantas Polres Seruyan Iptu Prio Amboro menjelaskan, pada operasi kali ini kepolisian mengutamakan penindakan tujuh jenis pelanggaran.

Seperti tidak menggunakan helm SNI, tidak menggunakan sabuk keselamatan, melebihi batas kecepatan, berkendara saat mabuk, berkendara menggunakan ponsel, berkendara dibawah umur dan berkendara melawan arus.

BACA JUGA:   Dorong Pengelolaan Keuangan Daerah yang Efisien, Efektif dan Transparan, Pj Bupati Seruyan Buka Bimtek

“Hari pertama ada tujuh pelanggar yang ditindak dengan beragam kesalahan, diantaranya, yang Odol itu 3 pelanggar, 7 prioritas 4 pelanggar,” kata Prio Amboro, Rabu 12 Juli 2023.

Menurut Prio, jumlah pelanggaran total dari tiga hari menggelar operasi kebanyakan pelanggaran didominasi oleh pengendara motor tidak memakai helm.

“Kebanyakan nggak pakai helm sama sepeda listrik, memang saya wajibkan pakai helm, karena sepeda listrik aslinya nggak boleh di jalan raya, sesuai denga Permenhub Nomor 45 tahun 2020 kan jelas, cuman secara Undang-Undang Lalu lintas belum ada aturan,” ujar Prio.

BACA JUGA:   PWI Seruyan dan Insan Pers Buka Puasa Bersama Mitra Kerja

Sementara itu, lanjut dia, pada hari kedua pihaknya menggelar operasi terdapat delapan pelanggar yang terjaring. “Odolnya 4 dan tujuh skala prioritas 3 pelanggar,” ungkapnya.

Selama Operasi Patuh Telabang 2023, Prio berharap masyarakat bisa tertib berlalu lintas agar menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

“Mudah-mudahan dapat menurunkan angka pelanggaran dan angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Seruyan” pungkasnya.