Jambore UMKM 2023 Kalteng, Jangan Hanya Jadi Slogan, Tapi Dampaknya Para Pelaku UMKM Harus Semakin Maju

MAN/BERITA SAMPIT - Pj Bupati Kobar Budi Santosa(Inzet), saat membari sambutan dan tampak Gubernur Kalteng dan unsur lainnya pada acara pemukaan Jambore UKM 2023 di Gedung Anta Kusuma, depan lokasi area Jambore.

Oleh: Maman Wiharja (Wartawan Senior – beritasampit.com)

Jambore UMKM 2023, pertama kali digelar di Provisi Kalteng di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada Rabu 2 September 2023 dan acara seremonialnya dibuka oleh Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran pada Selasa, 5 September 2023 dan ditutup, Sabtu 9 September 2023.

Pantauan penulis, acara Jambore UMKM 2023 yang diikut sekitar 5.612 para pelaku UMKM dengan jumlah 150 lapak dan 50 lapak PKL dari  5 Kabupaten se-Kalteng (Kotim, Lamandau, Sukamara, Seruyan dan Kobar ) tersebut, yang digelar di area Taman Pangkalan Bun Park (PP) Jalan HM.Rafii Pangkalan Bun, sejak dibuka sampai ditutupnya tampak cukup meriah.

Setelah usai acara Jambore UMKM 2023, pengamatan penulis jangan hanya jadi “Slogan“ program. Tapi dampaknya harus ada kelanjutannya bagai para pelaku UMKM di 5 Kabupate, antara lain mereka usahanya bisa lebih maju dan mandiri, karena Usaha  Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peran penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, UMKM juga berperan dalam mendistribusikan hasil-hasil pembangunan dan UMKM juga telah terbukti tidak terpengaruh terhadap krisis ketika menerpa pada periode tahun 1997-1998, hanya UMKM lah  yang mampu tetap berdiri kokoh.

BACA JUGA:   Personel  Tim Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Kobar Siaga Penuh Selama Ramadan

Sumber dari Bank Indonesia, menyebutkan data Badan Pusat Statistik memperlihatkan, pasca krisis ekonomi tahun 1997-1998 jumlah UMKM tidak berkurang, justru meningkat terus, bahkan mampu menyerap 85 juta hingga 107 juta tenaga kerja sampai tahun 2012. Pada tahun itu, jumlah pengusaha di Indonesia sebanyak 56.539.560 unit. Dari jumlah tersebut, Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

BACA JUGA:   Ini Giat Safari Ramadan 1445 H Kapolda Kalteng ke Kotawaringin Barat

Maka, sangat wajib para pelaku UMKM di 5 Kabupaten khususnya dan umumnya di 14 kabupaten/kota se-Provinsi Kalteng, harus memiliki masa depan yang cerah, mampu menjadi garda perekonomian dimasing-masing Kabupaten/Kota.

Selaras dengan sambutan Pj Bupati Kobar H. Budi Santosa, pada acara pembukaan Jambora UMKM 2023, antara lain menyampaikan bahwa dari hasil kegiatan Jambore bisa memberikan dampak besar bagi pelaku UMKM dan usaha lainnya. Serta dapat meningkatkan semangat, kualitas dan daya saing produknya, terutama bagi para pelaku UMKM harus mempunyai semangat, untuk naik kelas menjadi wirausahawan yang sukses, mampu menembuskan produknya hingga tingkat nasional maupun internasional. SEMOGA***