Perkuliahan di PSDKU Polnep Pontianak di Sukamara Dimulai

ENN/BERITA SAMPIT - Rapat terbuka Senat Politeknik Negeri Pontianak dalam rangka pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Polnep.

SUKAMARA – Bupati Sukamara, Windu Subagio membuka secara langsung rapat terbuka Senat Politeknik Negeri Pontianak dalam rangka pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Polnep di aula Balai Pelatihan Guru (BPG) pada Senin 11 September 2023.

Windu Subagio mengatakan bahwa pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru atau PKKMB program studi di luar kampus utama atau PKSDU Polnep Pontianak di Kabupaten Sukamara tahun akademik 2023/2024 merupakan awal untuk peningkatan pendidikan di Kabupaten Sukamara.

“Ini adalah awal untuk peningkatan SDM di Kabupaten Sukamara,” katanya, usai membuka kegiatan PKKMB.

Setidaknya ada 43 mahasiswa baru dengan prodi perikanan, IT, dan akuntansi yang ada di PSDKU Polnep di Sukamara. PSDKU Polnep di Kabupaten Sukamara adalah bagian dari pendidikan tinggi yang berkolaborasi dengan pemerintah daerah.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Terus Upaya Semua Desa Terjangkau Sinyal Telekomunikasi

Berdasarkan statistik pendidikan terkini sekitar 3,7 juta siswa-siswi lulusan SLTA per tahun baru sekitar 1,8 juta atau 49% yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

“PSDKU Polnep di Sukamara memang relatif baru akan tetapi kita tidak perlu risau karena sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi terfavorit di Kalimantan Barat polnep sendiri telah dipercaya dan berhasil berkolaborasi dengan banyak instansi dan institusi demi memajukan dunia pendidikan,” jelas Windu Subagio.

“Mahasiswa mahasiswi yang berdomisili jauh dari akses perguruan tinggi di luar Kabupaten Sukamara sekarang dapat berkuliah tanpa harus merantau ke luar daerah hingga bisa menekan biaya perkuliahan yang harus dikeluarkan oleh para orang tua,” lanjutnya.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Launching Sistem Pembayaran Pajak Daerah Melalui Virtual Account

Menurut Windu, kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru sangat bermanfaat untuk memberikan pembekalan, beradaptasi dengan lingkungan kampus dan segala sistemnya yang akan dihadapi selama perkuliahan, yang tentunya sangat berbeda dengan kehidupan di masa sekolah menengah.

Selain itu PKKMB juga dimaksudkan untuk dapat melatih kerjasama mental sarana membangun relasi dengan teman dan dosen serta mengenal budaya kampus yang dapat memberikan inspirasi dan motivasi selama perkuliahan maupun kelak nanti setelah lulus. (enn)