Semarakan Hari Jadi Kabupaten Pemkab Barsel Akan Gelar Expo

DEDDY/BERITA SAMPIT - Nampak sejumlah stand expo sudah mulai terpasang di Stadion Batuah Buntok.

BUNTOK – Dalam Rangka menyemarakan hari jadi Kabupaten Barito Selatan (Barsel) ke-64 tahun 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat akan menggelar Barsel Expo yang dilaksanakan pada tanggal 17-23 September 2023 bertempat Stadion Batuah Buntok.

“Pada hari ini bersama panitia dan Event Organizer  melaksanakan rapat yang kesekian kalinya. Adapun pokok pembahasan dalam rapat tersebut, untuk mengetahui sejauh mana persiapan pelaksanaan Barsel Expo yang akan dibuka langsung oleh Pj Bupati Barsel 17 September 2023 di Stadion Batuah Buntok,”kata Sekretaris Daerah (Sekda) Barsel Eddy Purwanto kepada awak media, Kamis 14 September 2023.

“Kami juga melibatkan pihak TNI dan Kepolisian berkaitan dengan proses pengamanan. Selain itu juga, tentang tata kelola parkir dan PKL yang diluar pengelolaan oleh pihak EO. Oleh karena itu kami berharap, dengan adanya penataan ini nantinya tidak akan semerawut karena tertata dengan baik.Kita juga tetap memfasilitasi masyarakat, yang ingin berjualan termasuk para pedagang kaki lima,” sambungnya.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

Terkait kapasitas stadion batuah Buntok kata Eddy Purwanto, setelah risk asessment (penilaian resiko)  dalam kesiapan Barsel Expo oleh pihak Kepolisian, Stadion Batuah tidak begitu besar sebab untuk daya tampung juga terbatas, terutama untuk kapasitas tribun yang hanya dapat menampung 1500 orang.

Selain Barsel Expo, lanjutnya, untuk rangkaian acara HUT Barsel ke-64 juga digelar beberapa kegiatan pertandingan olahraga diantaranya yang sudah berjalan seperti pertandingan bulu tangkis, basket, voli, tenis meja, dayung dan beberapa kegiatan olahraga lainnya. Dalam waktu dekat, juga akan dilaksanakan balap perahu katinting, motor cross, grass track dan kejuaraan menembak.

BACA JUGA:   Kecelakaan Maut di Desa Bipak Kali, Dua Pengendara Motor Tewas

“Kegiatan Barsel Expo, juga ada kegiatan olahraga tradisional yang dikemas dalam tajuk ‘Festival Dahani Dahanai’ yang mempertandingkan sepak sawut (sepak bola api), balogo, mangenta, melamang, manetek manyila maneweng, mangacal lauk, bagasing dan manyipet,” tukas Eddy Purwanto.

(Deddy)