7 Desa di Kecamatan Bukit Santuai Melaksanakan Pilkades, Situasi di Desa Tewai Hara Cukup Kondusif

SAMPIT – Saat ini 16 kecamatan dari total 17 kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) tengah melaksanakan kegiatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Sama halnya dengan kecamatan lainnya, Kecamatan Bukit Santuai juga melakukan kegiatan serupa. Namun di Kecamatan tersebut hanya 7 desa saja yang melaksanakan Pilkades dari total 14 desa yang ada.

“Di Kecamatan Bukit Santuai ada 7 Desa yang melaksanakan Pilkades, termasuk desa saya. Desa Tewai Hara,” ucap Caca Handika, masyarakat Desa Tewai Hara, Sabtu 23 September 2023.

BACA JUGA:   Jasad Bayi yang Baru Dilahirkan Mengapung di Kawasan Pelabuhan Sungai Mentaya Sampit

Adapun 7 desa di Kecamatan Bukit Santuai yang melaksanakan Pilkades, yakni Desa Tumbang Tilap, Desa Tumbang Penyahuan, Desa Tumbang Sapia, Desa Tumbang Torung, Desa Tumbang Getas, Desa Tewai Hara dan
Desa Tumbang Payang.

“Untuk di Desa Tewai Hara sendiri ada 4 orang calon kepala desa, mereka adalah Yarlin, Lawinsyah, Ratnawati dan Daryatmo. Sampai saat ini untuk situasi cukup kondusif dan panitia masih melakukan penghitungan suara dari 4 orang calon itu,” katanya.

Sementara itu untuk diketahui, sebelumnya pemerintah daerah setempat menetapkan akan ada 77 desa yang melaksanakan Pilkades serentak pada 23 September 2023 ini. Tetapi berkurang jadi 76 karena satu desa batal yakni Desa Tumbang Kaminting, Kecamatan Bukit Santuai, karena masa jabatan Badan Permusyawaratan Desa setempat telah berakhir.

BACA JUGA:   Tidak Hanya Dari Elit Politik, PKS Sebut Sejumlah Nama Birokrat Berpeluang Maju di Pilkada Kotim

Dalam pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2023 ini sebanyak 253 orang calon kepala desa dari total 76 desa, jumlah pemilih 70.752 jiwa terdiri dari 37.011 laki-laki dan 33.741 perempuan. (im).