Implementasi Tanda Tangan Elektronik Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT – Saat berlangsungnya pelatihan tanda tangan elektronik kepada pejabat eselon II dan III di Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, serta para camat di seluruh wilayah setempat.

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) melaksanakan pelatihan Tanda Tangan Elektronik (TTE) dalam aplikasi Srikandi kepada para pegawai yang ada di daerah setempat.

Rencana pelatihan tanda tangan elektronik yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik memiliki beberapa tujuan yang jelas, serta harapan untuk mencapai hasil tertentu.

“Tujuan pelatihan tanda tangan elektronik memberikan pemahaman kepada peserta tentang konsep sertifikat elektronik dan cara memverifikasi data pemohon dan memperkenalkan efisiensi dalam proses tanda tangan elektronik, yang memungkinkan tanda tangan data dapat dilakukan secara cepat dan mudah, menghemat waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan tanda tangan,” ungkap Kadis Diskominfosantik Ruby Haris, Selasa 26 September 2023.

BACA JUGA:   Pembobol Rumah Kosong di Gunung Mas Dibekuk Polisi

Selain itu, kata dia, tanda tangan elektronik dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat pada Pemerintah melalui penggunaan tanda tangan elektronik yang aman dan sah. Mempercepat penggunaan tanda tangan elektronik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas.

“Kami mengharapkan peningkatan pengetahuan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Gunung Mas diharapkan akan memiliki pengetahuan yang lebih baik tentang tanda tangan elektronik setelah pelatihan ini,” tuturnya.

Peserta diharapkan akan mampu menggunakan TTE yang tersertifikasi, yang memiliki validitas hukum berdasarkan regulasi yang berlaku. Dengan adopsi TTE, diharapkan akan ada penghematan waktu dalam proses perolehan dokumen yang ditandatangani. TTE yang tersertifikasi diharapkan akan memenuhi standar hukum yang diatur dalam peraturan yang berlaku.

BACA JUGA:   Cegah Inflasi, Pemkab Gunung Mas Buka Pasar Penyeimbang di Beberapa Tempat

“Penggunaan teknologi Asymmetric Cryptography diharapkan akan memastikan identitas diri pengguna, sehingga meningkatkan keamanan. Penggunaan tanda tangan elektronik diharapkan dapat mengurangi biaya terkait pengiriman dokumen fisik, seperti penggunaan kertas dan kurir,” sebutnya.

Adapun Peserta dari pelatihan tanda tangan elektronik tersebut terdiri dari pejabat eselon II dan III di Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, serta para camat di seluruh wilayah setempat, dengan total peserta diperkirakan sekitar 80 orang.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan tanda tangan elektronik di lingkungan pemerintahan Gunung Mas, dengan harapan menghasilkan efisiensi, peningkatan kepercayaan masyarakat, dan dampak positif terhadap lingkungan,” tutup Ruby Haris. (Ale).