Kota Kasongan Diselimuti Kabut Asap Berbau Menyengat

BITRO/BERITA SAMPIT — Kondisi Kota Kasongan pada pagi hari diselimuti kabut asap.

KASONGAN – Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menyelimuti Kota Kasongan, Kabupaten Katingan, pada Selasa 26 September 2023 pagi. Kabut asap itu menimbulkan bau menyengat.

Salah seorang warga Kasongan bernama Aldi mengungkapkan bahwa kebakaran hutan dan lahan di Kabupan Katingan semakin menjadi, pagi ini Kota Kasongan kembali diselimuti kabut asap dengan bau menyengat.

“Angin tidak berhembus kencang. Sehingga pagi ini Kasongan diselimut asap tebal, kita rasakan bau asap agak menyengat,” kata Aldi, pada Selasa 26 September 2023.

BACA JUGA:   Jelang Idul Fitri, Pj Bupati Katingan Lakukan Sidak di Pasar Tradisonal Pegatan

Menurutnya, bau asap menyengat ini akibat lahan yang terbakar di beberapa wilayah kecamatan ataupun disekitar Kota Kasongan.

Hingga saat ini, lanjut dia, kebakaran lahan di wilayah Katingan masih belum bisa teratasi dengan baik, sehingga diharapakan pihak BPBD agar lebih serius menangani permasalahan karhutla, karen mengakibatkan gangguan pernapasan kesahatan masyarakat maupun anak-anak.

BACA JUGA:   Rayakan HUT Damkar dan Satlinmas, Sekda Sebut Dua Lembaga yang Berkontribusi Besar untuk Masyarakat

“Saya berharap pihak BPBD lebih giat menangani karhutla di Katingan dan mengutamakan kesahatan untuk masyarakat,” harapnya.

Aroma asap menyengat ini disertai dengan sedikit kabut asap membuat sebagian warga Kasongan kembali menggunakan masker.

“Baunya asap pagi ini semakin menyengat, dapat menganggu kesahatan kita, bau asap sampai di kedalam rumah,” pungkasnya.

(Bitro)