Satuan Pendidikan Harus Menerapkan Manajemen Sekolah Untuk Mengatur Kedisiplinan

HARDI/BERITA SAMPIT - Anggota Komisi III DPRD Kalteng Duwel Rawing.

PALANGKA RAYA – Anggota Komisi III DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Duwel Rawing meminta kepada pihak satuan pendidikan mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA/SMK agar dapat meningkatkan kedisiplinan para siswa di sekolah supaya ketika diwaktu jam pelajaran tidak berkeluyuran di luar. Hal ini harus dapat menjadi perhatian bersama.

“Pihak satuan pendidikan dalam hal ini para guru harus bisa memastikan para siswa tetap berada di lingkungan sekolah. Disiplin itu penting diterapkan karena satuan pendidikan ini merupakan tempat menimba ilmu,” katanya, Selasa 26 September 2023.

Dia menambahkan, siswa yang tidak berada dilingkungan sekolah atau berkeluyuran diluar pastinya tidak mengikuti pelajaran, padahal belajar menjadi aktivitas penting yang dilakukan di sekolah. Sehingga, apabila kegiatan belajar tidak diikuti dengan baik maka akan dapat merugikan bagi siswa itu sendiri.

BACA JUGA:   Legislator Kalteng Dorong Perda Diimplementasikan Dengan Baik

“Ruginya ya tidak mendapat ilmu pengetahuan dan tertinggal. Kita juga mengingatkan para guru agar jangan sampai tidak hadir ketika pada saat jam pelajaran, sebab ketidakhadiran itu dan mata pelajaran kosong maka menjadi peluang menciptakan kenakalan remaja,” lugasnya.

Dia menjelaskan, berdasarkan pengalamannya membina sekolah yakni menjadi seorang kepala sekolah ia telah berhasil menekan kenakalan remaja yakni siswa bolos atau berkeluyuran diluar dengan meningkatkan kedisiplinan, misalnya tidak membiarkan jam pelajaran kosong.

“Jam pelajaran itu harus tetap terisi, dan ketika memang ada guru yang tidak hadir maka diganti dengan guru yang lain jadi jam pelajaran tetap terisi, sehingga hal ini tidak membuka peluang bagi siswa keluar lingkungan sekolah serta kenakalan remaja pun dapat ditekan,” ujarnya.

BACA JUGA:   Persoalan Pendidikan di Kalteng Harus Segera Diselesaikan Secara Adil

Selain itu, satuan pendidikan juga harus menerapkan manajemen sekolah untuk mengatur kedisiplinan dan memperketat pengawasan di lingkungan sekolah untuk memastikan para siswa tidak keluar di waktu jam-jam pelajaran.

“Ini agar diperhatikan bersama, pihak satuan pendidikan jangan sampai lengah karena sekolah inikan tempat di mana para siswa belajar untuk meningkatkan kapasitas diri. Harapan kita pastinya tidak ada sekolah yang tidak disiplin di Kalteng, sehingga ke depan pendidikan di provinsi ini semkin maju,” tandasnya. (Hardi).