155 Peserta Ikuti Festival Seni Qosidah 2023 Tingkat Kecamatan Sukamara 

ENN BERITA SAMPIT - Pembuka festival seni qosidah 2023 tingkat kecamatan Sukamara di Lapangan Mini atau Halaman Masjid Agung Sukamara Ad Durrun Nafis.

SUKAMARA – sebanyak 155 peserta ikut serta dalam festival seni qosidah yang digelar di Lapangan Mini atau Halaman Masjid Agung Sukamara Ad Durrun Nafis mulai tanggal 26 September hingga 29 September 2023.

Ketua Panitia Festival Seni Qosidah tahun 2023, Abu Thalib mengatakan bahwa ada tiga kategori yang diperlombakan pada Festival Seni Qosidah tingkat kecamatan Sukamara ini yaitu bintang vokalis, pop religi dan qosidah klasik atau rebana putri.

“Ada total peserta itu 155 dari tiga kategori yaitu bintang vokalis putra putri ada 40 peserta dan pop religi putra putri ada 60 peserta serta qosidah klasik atau rebana putri sebanyak 5 regu,” jelas Abu Thalib, Rabu 27 September 2023.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Gelar Safari Ramadan Pertama di Desa Pangkalan Muntai

Abu Thalib juga menerangkan jika festival seni qosidah merupakan upaya untuk melestarikan budaya kearifan lokal selain itu juga dapat meningkatkan kebersamaan dan kerjasama pegiat seni dan para seniman untuk berkolaborasi dalam setiap kegiatan.

“Festival seni qosidah ini sebagai sarana promosi budaya kearifan lokal daerah serta dapat mendorong dan memperkenalkan budaya agar lebih ditingkatkan kelestariannya,” jelas Abu Thalib.

Sebelumnya , Sekda Sukamara Rendy Lesmana membuka secara langsung kegiatan festival seni qosidah di Lapangan Mini pada Selasa 26 September 2023 malam.

BACA JUGA:   H Ahmadi Siap Lanjutkan Pembangunan Kabupaten Sukamara

Menurut Rendy, nilai yang terkandung dalam seni islami sangat relevan untuk dikembangkan dan sarat dengan pesan.

“Melalui berbagai syair atau qosidah yang dapat melestarikan seni islami yang mulai terkikis oleh budaya modern. Selain itu juga mampu memperkenalkan kepada masy akan ketinggian dan keluhuran seni,” jelas Rendy Lesmana.

Kegiatan festival seni qosidah tersebut hasil kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Sukamara, Kecamatan Sukamara, Lasqi Sukamara dan Dewan Kesenian Daerah Sukamara. (enn)