Dewan Dorong Bangun Jembatan Timbang Untuk Minimalisir Kerusakan Jalan di Titik Rawan

HARDI/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kalteng Wisman

PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Wisman mendorong pemerintah supaya dapat membangun jembatan timbang, untuk meminimalisir kerusakan jalan dititik rawan yang kerap dilalui kendaraan angkutan over kapasitas.

“Meminimalisir kerusakan jalan di daerah titik rawan dengan membangun jembatan timbang, itu merupakan salah satu solusi memperketat pengawasan terhadap kendaraan angkutan over kapasitas yang sering melewati jalan umum,” katanya, Rabu 27 September 2023.

Dia menjelaskan, apabila kendaraan angkutan over kapasitas tidak diawasi dengan ketat dan ditindak maka hal itu akan dapat merugikan daerah, sebab ketika terjadi jalan rusak secara terus-menerus pemerintah tentu harus merogoh anggaran untuk perbaikan.

BACA JUGA:   Apresiasi Penanganan Infrastruktur Jalan di Kalteng, Dewan Ingatkan Pemprov Titik Jalan Lainnya Juga Diperhatikan

“Sedangkan kontribusi dari pemilik kendaraan itu misalnya saja perusahaan swasta minim, pastinya daerah akan rugi. Namun disini tidak semua perusahan, tapi ada perusahaan yang memang kontribusinya minim tapi menggunakan kendaraan angkutan secara berlebihan,” lugasnya.

Ia juga mencontohkan seperti halnya di ruas jalan Palangka Raya- Kuala Kurun, kerusakan jalan tersebut salah satunya diakibatkan banyaknya kendaraan milik perusahaan yang mengangkut hasil alam atau produksi secara berlebihan atau over kapasitas yang tidak sesuai dengan aturan berlaku.

BACA JUGA:   Anggota DPRD Kalteng Apresiasi Kepolisian Ungkap Kasus Pencurian Pecah Kaca Mobil

Sehingga, agar tidak terus menerus mengalami kerusakan maka salah satu solusinya dibangun jembatan timbang. Dengan begitu akan dapat diketahui kendaraan yang melebihi kapasitas angkutan. Sebab, untuk saat ini ketahanan jalan khususnya di Kalteng itu hanya mampu menahan beban delapan ton.

“Tidak hanya di ruas jalan Palangka Raya- Kuala Kurun, tapi juga di ruas jalan yang memang rawan di seluruh Kalteng ini perlu dibangun jembatan timbang, sehingga dengan adanya pengawasan seperti itu maka akan dapat meminimalisir kerusakan jalan yang ada,” pungkasnya. (Hardi).