Mahasiswa Bagian Terpenting Dalam Menentukan Arah Bangsa

IST/BERITA SAMPIT - Suasana pendidikan berkarakter bagi mahasiswa baru Universitas Palangka Raya Tahun 2023, di Aula Rahan Universitas Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Komandan Korem (Danrem) 102/Pjg Brigjen TNI Bayu Permana melalui Kasi Teritorial Kasrem Korem 102/Pjg Kolonel Inf Pomalanthon B Tambunan, hadir sebagai pemateri bela negara pendidikan berkarakter bagi mahasiswa baru Universitas Palangka Raya Tahun 2023, di Aula Rahan Lantai dua Gedung Rektor Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rabu 27 September 2023 kemaren.

Ia menjelaskan, mahasiswa merupakan bagian terpenting dalam menentukan arah bangsa ke depan, sehingga perlu ditanamkan rasa kebangsaan dan rasa cinta tanah air yang tinggi pada diri setiap calon mahasiswa. Untuk menumbuhkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air kepada mahasiswa diperlukan kegiatan pendidikan Bela Negara lebih dini sebelum calon mahasiswa memulai kegiatan perkuliahan.

BACA JUGA:   Dispursip Kalteng Fasilitasi Seluruh Perangkat Daerah untuk Mempelajari Aplikasi Srikandi

“Kegiatan bela negara bagi mahasiswa baru diperlukan untuk pembinaan karakter, penguatan revolusi mental dan mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi ancaman, seperti; penyalahgunaan narkoba, paham radikalisme, bencana alam, konflik antar mahasiswa dan penyebaran penyakit menular,” ucapnya.

Ia menyampaikan bela negara, merupakan suatu sikap, perilaku, dan tindakan warga negara dalam menjaga negara kesatuan Republik Indonesia dari segala macam ancaman tantangan hambatan dan gangguan yang dilandasi oleh Pancasila dan undang-undang dasar 1945 serta nilai-nilai bela negara.

BACA JUGA:   PMI Kalteng Apresiasi PMI Gunung Mas Berikan Layanan Sosial Operasi Katarak Gratis

“Kesadaran bela negara Negara seperti mahluk hidup harus di jaga dan kita bela guna melindungi keutuhan negara. Nilai-nilai bela negara seperti cinta, sadar, yakin, rela, dan memiliki kemampuan bela negara. Cinta tanah air, memberi kontribusi pada kemajuan bangsa dan negara. Contohnya Berprestasi di bidang olahraga,” lugasnya.

Ia juga mengajak untuk Menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga negara sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan. (Hardi)